Pengaruh Motivasi Diri Dan Kelompok Referensi dengan Pengambilan Keputusan untuk Mengikuti Pelatihan Tpa di GPS Jakarta Consulting
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v2i11.463Keywords:
decision making;, self-motivation;, reference group.Abstract
Persaingan dunia pendidikan maupun dunia kerja semakin meningkat.
Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan kesejahteraan
masyarakat dan perkembangan tekhnologi, ekonomi, sosial, maupun
budaya. Sejalan dengan ini Sumber Daya Manusia (SDM) yang
berkualitas dan berkompeten menjadi kebutuhan penting. Saat ini Tes
Potensi Akademik (TPA) sering digunakan dalam suatu seleksi sebagai
salah satu alat tes. Salah satu yang menerima dampak adalah pelaku
usaha khususnya pelatihan atau bimbel TPA. GpsJakarta Counsulting
adalah lembaga psikologi yang menyediakan pelatihan khusus TPA.
Pelatihan ini dibuat untuk mengenalkan tipe soal TPA yang masih
belum dikenal di masyarakat dan untuk persiapan yang ingin
menghadapi tes TPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh Motivasi Diri dan Kelompok Referensi baik secara simultan
maupun parsial terhadap pengambilan keputusan peserta mengikuti
pelatihan TPA di GpsJakarta Consulting. Variabel bebas dalam
penelitian ini adalah motivasi diri dan kelompok referensi sedangkan
variabel terikat dalam penelitian ini adalah pengambilan keputusan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini sebanyak 84 peserta. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik sensus berdasarkan metode non-probability sampling yang
dikenakan pada 84 peserta. Instrumen penelitian ini menggunakan tiga
skala Likert yaitu, skala pengambilan keputusan, skala motivasi diri,
dan skala kelompok referensi. Berdasarkan hasil analisis data dengan
teknik regresi sederhana, menunjukkan terdapat pengaruh yang
signifikan dengan arah positif antara motivasi dengan pengambilan
keputusan dengan koefisien korelasi (r) = 0,611 dengan F = 48,932 dan
p = 0,000 (< 0,05) serta terdapat pengaruh kelompok referensi dengan
pengambilan keputusan dengan koefisien korelasi (r) = 0,549 dengan
F = 35,345 dan p = 0,000 (< 0,05). Untuk uji hipotesis dengan teknik
regresi berganda, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara
motivasi diri dan kelompok referensi dengan pengambilan keputusan
peserta mengikuti pelatihan TPA di GpsJakarta Consulting sebesar
0,000 < 0,05. Motivasi diri dan kelompok referensi menyumbang
sebesar 44,1% sedangkan sisanya merupakan sumbangan dari faktor
lain yang tidak diteliti.
References
Amalia, A., & Masreviastuti, M. (2018). Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian di Distro Foremost Pride Kota Blitar. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 579–584.
Boonwanna, P., Srisuwannapa, C., & Rojniruttikul, N. (2014). Brand Equity Affecting Purchasing Decision Process of Doughnut From The Department Store in Bangkok. Proceedings of Annual Tokyo Business Research Conference, 15–16.
Jonathan, D. A., & Effendi, I. (2020). Analisis Penggelolaan Kas Dalam Upaya Menjaga Tingkat Likuiditas Perusahaan Bongkar Muat (PBM) PT. Tao Abadi Jaya Jakarta Periode Tahun 2011-2016. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 1(1), 41–50.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 12). edisi.
Munandar, S. A., & Prayekti, P. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional, Motivasi Intrisik, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. EBBANK, 11(2), 45–56.
Murty, W. A. (2012). Pengaruh kompensasi, motivasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Surabaya). STIE Perbanas Surabaya.
Pramudi, R. Y. (2015). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik lokal. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 280–301.
PRATAMA, M. A. N. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Raket Pada Pemain Di Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(2).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Edisi ke 2.PT Ghalia Indonesia. Bogor.
Usman, H. (2006). Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman Husaini. (2013). Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Shinta Ayu Hediana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.