Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Kendaraan Mitsubishi Pada PT Borobudur Oto Mobil
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v3i11.737Keywords:
Strategi Pemasaran; Analisis; SWOT.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran PT. Borobudur Oto Mobil. Penelitian dilakukan delapan bulan mulai Februari 2022. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data wawancara, obesrvasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi pemasaran PT Borobudur Oto Mobil pada kuadran I sehingga strategi agresif yang diterapkan yaitu: memanfaat peluang untuk meningkatkan loyalitas konsumen, menjaga agar kualitas mobil terjamin, memperkuat jaringan pemasaran, meningkatkan kerjasama dengan mitra, menjaga stabilitas keuangan perusahaan, memperluas pangsa pasar dengan meningkatkan promosi di berbagai media secara offline dan online. PT Borobudur Oto Mobil disarankan untuk meningkatkan kerjasama dengan perusahaan otomotif dengan membuat kontrak secara tertulis untuk menjaga stabilitas harga, meningkatkan kualitas produk sehingga mampu memenangkan persaingan, memperluas jaringan pemasaran dengan melakukan pemasaran secara online di berbagai media social dan e-commerce.
References
Awaludin, A., Adrian, F., & Herdiyana, H. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Pada Pt. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia). Universitas Pakuan. 2.%09matrik Efas%0amenurut Purwanto, Dian Terdapat Tahapan Penyusunan Matrik Faktor Strategi Eksternal
Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa Lp2m Iain Pontianak, 4(1), 73–86. Https://D1wqtxts1xzle7.Cloudfront.Net/55795190/Jurnal_Marketing_Syariah-With-Cover-Page-V2.Pdf?Expires=1668757397&Signature=Zqti1xbud2lf7cpa86xjjwhy5r~Mejkwkbykkwshr2xluelxsvn9qqdlzry5t0dzzctxaxuwoboxqru0rmuaentpk984adwztcun7kbiqtbrerwkxynwolchtm-Cg8-5cikmb~P-R84ooous7pb8o-W5ltvl7qlfwfnh9sicbgwdrtuys3hlepyh8ohixb8rgeb2uakccmjpykwfdknrgfho-Rotv~44rb-~Ik5-L5vuq6bh0e5xu5njazcuoskjs4eqy~42zlcomqr~Bzav7o0recrqoggrz5d6ewnup0qkfpe0pfejmqoqaefeleauxwxlzfulnes9oami~Yqthq__&Key-Pair-Id=Apkajlohf5ggslrbv4za
Purwanto, D. (2017). Strategi Pemasaran Pada Biro Perjalanan Wisata (Studi Kasus Pada “Azova Tour & Travel Di Sidoarjo). Upn Veteran Jawa Timur. Https://Doi.Org/10.35314/Inovbiz.V5i1.174
Ramadhan, T., Marota, R., & Mulyaningsih, M. (2021). Pengaruh Perputaran Persediaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Akuntansi, 6(2). Https://Jom.Unpak.Ac.Id/Index.Php/Akuntansi/Article/View/1538
Santika, I. G. N. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137. Https://Doi.Org/10.23887/Jiis.V6i2.28437
Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis Swot Dan Matriks Ifas–Efas Pada Cv. Dinasty. Https://Publikasiilmiah.Ums.Ac.Id/Xmlui/Handle/11617/8671
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764. Https://Doi.Org/10.47435/Asy-Syarikah.V2i1.311
Sholihin, R. (2019). Digital Marketing Di Era 4.0. Anak Hebat Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=9dfydwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pr4&Dq=Hal+Tersebut+Juga+Sekaligus+Mendorong+Para+Produsen+Untuk+Bersaing+Dalam+Memasarkan+Produk+Mereka.+Berbagai+Strategi+Pemasaran+Akan+Dilakukan+Oleh+Produsen+Dalam+Meningkatkan+Hasil+Penjualan+Produk+Mereka.&Ots=30s4y4kkz4&Sig=Aqvvpxuviaalefnd3rb9gd7dz8m&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q&F=False
Sukimin, S., & Indriastuty, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Di Kota Balikpapan. Jurnal Geoekonomi, 12(2), 194–204. Https://Doi.Org/10.36277/Geoekonomi.V12i2.162
Untari, S. N., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu Pada Dealer Daihatsu Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 82–88. Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V11i2.6451
Wangean, R. H., & Mandey, S. L. (2014). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3). Https://Doi.Org/10.35794/Emba.2.3.2014.5967
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novitasari Novitasari, Nur Wening
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.