Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Kendaraan Mitsubishi Pada PT Borobudur Oto Mobil

Authors

  • Novitasari Novitasari Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Wening Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i11.737

Keywords:

Strategi Pemasaran; Analisis; SWOT.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran PT. Borobudur Oto Mobil. Penelitian dilakukan delapan bulan mulai Februari 2022. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data wawancara, obesrvasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi pemasaran PT Borobudur Oto Mobil pada kuadran I sehingga strategi agresif yang diterapkan yaitu: memanfaat peluang untuk meningkatkan loyalitas konsumen, menjaga agar kualitas mobil terjamin, memperkuat jaringan pemasaran, meningkatkan kerjasama dengan mitra, menjaga stabilitas keuangan perusahaan, memperluas pangsa pasar dengan meningkatkan promosi di berbagai media secara offline dan online. PT Borobudur Oto Mobil disarankan untuk meningkatkan kerjasama dengan perusahaan otomotif dengan membuat kontrak secara tertulis untuk menjaga stabilitas harga, meningkatkan kualitas produk sehingga mampu memenangkan persaingan, memperluas jaringan pemasaran dengan melakukan pemasaran secara online di berbagai media social dan e-commerce.

References

Awaludin, A., Adrian, F., & Herdiyana, H. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Pada Pt. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia). Universitas Pakuan. 2.%09matrik Efas%0amenurut Purwanto, Dian Terdapat Tahapan Penyusunan Matrik Faktor Strategi Eksternal

Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa Lp2m Iain Pontianak, 4(1), 73–86. Https://D1wqtxts1xzle7.Cloudfront.Net/55795190/Jurnal_Marketing_Syariah-With-Cover-Page-V2.Pdf?Expires=1668757397&Signature=Zqti1xbud2lf7cpa86xjjwhy5r~Mejkwkbykkwshr2xluelxsvn9qqdlzry5t0dzzctxaxuwoboxqru0rmuaentpk984adwztcun7kbiqtbrerwkxynwolchtm-Cg8-5cikmb~P-R84ooous7pb8o-W5ltvl7qlfwfnh9sicbgwdrtuys3hlepyh8ohixb8rgeb2uakccmjpykwfdknrgfho-Rotv~44rb-~Ik5-L5vuq6bh0e5xu5njazcuoskjs4eqy~42zlcomqr~Bzav7o0recrqoggrz5d6ewnup0qkfpe0pfejmqoqaefeleauxwxlzfulnes9oami~Yqthq__&Key-Pair-Id=Apkajlohf5ggslrbv4za

Purwanto, D. (2017). Strategi Pemasaran Pada Biro Perjalanan Wisata (Studi Kasus Pada “Azova Tour & Travel Di Sidoarjo). Upn Veteran Jawa Timur. Https://Doi.Org/10.35314/Inovbiz.V5i1.174

Ramadhan, T., Marota, R., & Mulyaningsih, M. (2021). Pengaruh Perputaran Persediaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Akuntansi, 6(2). Https://Jom.Unpak.Ac.Id/Index.Php/Akuntansi/Article/View/1538

Santika, I. G. N. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137. Https://Doi.Org/10.23887/Jiis.V6i2.28437

Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis Swot Dan Matriks Ifas–Efas Pada Cv. Dinasty. Https://Publikasiilmiah.Ums.Ac.Id/Xmlui/Handle/11617/8671

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764. Https://Doi.Org/10.47435/Asy-Syarikah.V2i1.311

Sholihin, R. (2019). Digital Marketing Di Era 4.0. Anak Hebat Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=9dfydwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pr4&Dq=Hal+Tersebut+Juga+Sekaligus+Mendorong+Para+Produsen+Untuk+Bersaing+Dalam+Memasarkan+Produk+Mereka.+Berbagai+Strategi+Pemasaran+Akan+Dilakukan+Oleh+Produsen+Dalam+Meningkatkan+Hasil+Penjualan+Produk+Mereka.&Ots=30s4y4kkz4&Sig=Aqvvpxuviaalefnd3rb9gd7dz8m&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q&F=False

Sukimin, S., & Indriastuty, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Di Kota Balikpapan. Jurnal Geoekonomi, 12(2), 194–204. Https://Doi.Org/10.36277/Geoekonomi.V12i2.162

Untari, S. N., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu Pada Dealer Daihatsu Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 82–88. Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V11i2.6451

Wangean, R. H., & Mandey, S. L. (2014). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3). Https://Doi.Org/10.35794/Emba.2.3.2014.5967

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Novitasari, N., & Wening, N. . (2022). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Kendaraan Mitsubishi Pada PT Borobudur Oto Mobil. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(11), 1521–1530. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i11.737