Analisis Penentuan Harga Pokok Pesanan dengan Metode Full Costing pada UMKM di Karawang

Authors

  • Ahmad Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Andrian Fatur Rohman Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Mahmud Ma’ruf Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i05.70

Keywords:

Kata Kunci: Harga Pokok Produksi; biaya overhead; Full Costing ; UMKM.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penentuan harga pokok produk manufaktur (HPP) yang sesuai bila menggunakan metode full cost untuk mengalokasikan biaya pada UMKM Maju Furniture. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Maju Furniture yaitu harga jual produk yang tidak dapat bersaing di pasaran akibat metode penentuan HPP (tidak terkait dengan status UMKM). Penelitian ini mempertimbangkan semua elemen biaya produksi dalam menentukan biaya produksi, antara lain biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan overhead pabrik, termasuk biaya variabel dan biaya tetap, dan biaya non produksi (biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum). Penelitian ini menggunakan alat penelitian wawancara dan penelitian kepustakaan untuk mengumpulkan data penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah harga pokok penjualan melalui metode full cost lebih akurat karena setiap kategori biaya dialokasikan pada aktivitas sebelum dialokasikan ke objek biaya. Studi tersebut juga menyimpulkan bahwa semua pesanan dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan biaya produksi dibebankan berdasarkan pesanan yang diterima. Informasi biaya yang diperoleh melalui penggunaan alokasi biaya dapat digunakan untuk efisiensi biaya pekerjaan karena metode full costing memberikan informasi tentang sumber biaya yang dialokasikan ke objek biaya. Penggunaan metode ini juga dapat menghindari kesalahan dalam menghitung tarif biaya kegiatan.

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Ahmad Maulana, Andrian Fatur Rohman, & Mahmud Ma’ruf. (2020). Analisis Penentuan Harga Pokok Pesanan dengan Metode Full Costing pada UMKM di Karawang. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(05), 347–353. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i05.70