Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merek Trilliun pada Toko Fria Bangunan Hiang Kabupaten Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.528Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merk Triliun pada Toko Gedung Fria Kabupaten Kerinci, baik secara parsial maupun simultan dan besar pengaruhnya. Sampel penelitian ini adalah 80 konsumen yang membeli Produk Pipa Merk Triliun di Toko Gedung Fria Kabupaten Kerinci. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 15 konsumen. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau angket. Alat analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F. Hasil penelitian ini Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pipa Merk Triliun, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (7,041 > 1,99167) dan dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,050 dan besarnya pengaruh adalah 42,2%. Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merk Triliun, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2,123 > 1,99167) dan besarnya pengaruh sebesar 7,4%. Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merk Triliun, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2,164 > 1,99167) dan dengan nilai signifikansi = 0,034 < 0,050. Besarnya pengaruh adalah 7,9%. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merk Triliun, hal ini dapat dibuktikan dengan F hitung > F tabel (F hitung > F tabel (34.265 > 2.72) dan dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05). Besarnya pengaruh adalah 57,5%, sedangkan sisanya 42,5% dijelaskan oleh faktor penyebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
References
Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen Volume, 15(1), 95–107.
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan Kesepuluh. Penerbit: Alfabeta, Bandung.
Evelina, N., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 203–213.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2021). Marketing management: an Asian perspective.
Octaviona, N. (2016). Pengaruh Citra Merek dan persepsi Harga Terhadap keputusan pembelian Gadget di Toko SuryaPhone Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1).
Prahastuti, L., & Ferdinand, A. T. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Indosat (Studi Pada Pelanggan Indosat Di Wilayah Semarang). Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alf.
Sugiyono, D. R. (2002). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 201, 274.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran, edisi kedua. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fitrina Afrianti, Ilham Oktawahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.