Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merek Trilliun pada Toko Fria Bangunan Hiang Kabupaten Kerinci

Authors

  • Fitrina Afrianti Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci, Sungai Penuh
  • Ilham Oktawahyudi Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci, Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.528

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merk Triliun pada Toko Gedung Fria Kabupaten Kerinci, baik secara parsial maupun simultan dan besar pengaruhnya. Sampel penelitian ini adalah 80 konsumen yang membeli Produk Pipa Merk Triliun di Toko Gedung Fria Kabupaten Kerinci. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 15 konsumen. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau angket. Alat analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F. Hasil penelitian ini Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pipa Merk Triliun, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (7,041 > 1,99167) dan dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,050 dan besarnya pengaruh adalah 42,2%. Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merk Triliun, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2,123 > 1,99167) dan besarnya pengaruh sebesar 7,4%. Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merk Triliun, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2,164 > 1,99167) dan dengan nilai signifikansi = 0,034 < 0,050. Besarnya pengaruh adalah 7,9%. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merk Triliun, hal ini dapat dibuktikan dengan F hitung > F tabel (F hitung > F tabel (34.265 > 2.72) dan dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05). Besarnya pengaruh adalah 57,5%, sedangkan sisanya 42,5% dijelaskan oleh faktor penyebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

References

Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen Volume, 15(1), 95–107.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan Kesepuluh. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Evelina, N., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 203–213.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2021). Marketing management: an Asian perspective.

Octaviona, N. (2016). Pengaruh Citra Merek dan persepsi Harga Terhadap keputusan pembelian Gadget di Toko SuryaPhone Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1).

Prahastuti, L., & Ferdinand, A. T. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Indosat (Studi Pada Pelanggan Indosat Di Wilayah Semarang). Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alf.

Sugiyono, D. R. (2002). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 201, 274.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran, edisi kedua. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Afrianti, F., & Oktawahyudi, I. . (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merek Trilliun pada Toko Fria Bangunan Hiang Kabupaten Kerinci. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 152–166. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.528