Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia

Authors

  • Almaidah Bahri Universitas Diponegoro
  • Chella Meira Damayanti Universitas Diponegoro
  • Yosephine Helena Sirait Universitas Diponegoro
  • Fitri Alfarisy Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.525

Keywords:

TikTok, media belajar, pembelajaran bahasa Inggris

Abstract

TikTok  merupakan  sebuah platform media sosial yang memungkinkan pemakainya menciptakan video pendek  disertai  dengan  berbagai macam pilihan fitur seperti musik, stiker filter dan  beberapa  fitur  kreatif  lainnya. Popularitas TikTok ini memungkinkan banyak pengguna, terutama kalangan anak muda, memanfaatkan platform ini untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang dikemas padat dan jelas melalui konten TikTok. Penelitian ini berfokus pada pembahasan aplikasi TikTok bagi penggunanya untuk belajar bahasa Inggris melalui konten video daring yang dibagikan oleh content creator pada tagar populer #samasamabelajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa TikTok dapat mengemas pembelajaran bahasa Inggris dengan menarik. Ditemukan ada empat jenis subjek dari aplikasi TikTok yang sering dibuat, yaitu vocabulary, grammar, pronunciation, dan common mistake. Setelah diteliti disimpulkan bahwa pengguna TikTok lebih menyukai video kategori grammar. Beberapa faktor TikTok memiliki daya tarik sebagai media pembelajaran bahasa Inggris yaitu video yang singkat, penyampaian materi yang jelas dan tidak monoton, ditambah dengan fitur efek tulisan dan emoji yang menarik dapat memberikan dampak positif dalam proses belajar penggunanya.

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Alfarisy, F. (2020). Kajian Budaya: Kebijakan Bahasa di Tengah Pandemi Covid19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(3), 343–353.

14710/anuva.4.3.343-353

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis fenomena sosial media dan kaum milenial: studi kasus tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565–572.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157.

Debata, P. K. (2013). The importance of grammar in English language teaching-A reassessment. Language in India, 13(5), 482–486.

Gani, A. G. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. JURNAL MITRA MANAJEMEN, 7(2).

Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175– 180.

Nugraha, D., & Winiarti, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran sistem pelacakan pada mata kuliah kecerdasan buatan berbasis multimedia. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. ISSN, 2338–5197.

Nurhasanah, S. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika (Eksperimen Pada Siswa SMP Negeri di Kota Tangerang). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1).

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok@

jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. 10.21831/socia.v18i1.40467

Rahardaya, A. K. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(2), 308–319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248

Richards, J. C., Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge university press.

Soedarto, T., Hendrarini, H., Alit, R., & Anggriawan, T. P. (2020). INOVASI TEKNOLOGI PEMASARAN DIGITAL PADA CV. SUPPLY SEMESTA BERBASIS ANDROID.

SCAN-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 24–27. https://doi.org/10.33005/scan.v15i3.2263

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).

Wijaya, I. W. H. I. (2022). Analisis Video Likes To Likes Rasio TikTok Pada Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Bahri, A., Damayanti , C. M. ., Helena Sirait , Y. ., & Alfarisy, F. . (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 120–130. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.525