Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan

Authors

  • Verren Auranissa Hernanda Fakultas Vokasi Universitas Diponegoro
  • Afwa Yasyfa Azzahra Fakultas Vokasi Universitas Diponegoro
  • Fitri Alfarisy Fakultas Vokasi Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.514

Keywords:

penerapan, bahasa asing, pendidikan

Abstract

Jurnal ini membahas tentang penerapan bahasa asing di dalam kinerja pendidikan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat serta pentingnya dari penerapan bahasa asing dalam lingkup pendidikan dalam hal ini Bahasa Inggris terhadap karya-karya literasi berbahasa indonesia khususnya di lingkungan-lingkungan SMP, SMA, dan Kuliah. Bahasa merupakan sarana yang digunakan untuk berfikir yang merupakan sumber awal dari setiap peserta didik untuk dapat memahami apa saja yang ada disekitar mereka serta mengatakan manusia atau peserta didik dalam memiliki ilmu pengetahuan mereka. Penerapan pembelajaran bahasa asing dalam pendidikan adalah bentuk kepentingan serta mempunyai fungsi serta tujuan untuk warganya, penguasaan terhadap bahasa asing sangatlah diperlukan ada beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut. Pertama pembelajaran bahasa asing adalah cara untuk menyebar dalam kehidupan masyarakat di dunia. Bahasa asing mempunyai peran yang khusus terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dalam dunia kinerja pendidikan banyaknya penyebaran bahasa asing menjadikan bahasa asing tersebut memiliki peranan yang sangat penting. Namun kita juga tidak lupa akan peranan penting dari bahasa indonesia yaitu bahasa nasional dan bahasa negara. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dapat diketahui peranan kedua bahasa tersebut dalam lingkup pendidikan di Indonesia, hasilnya menunjukan bahwa penting diterapkan dalam dunia pendidikan guna untuk meningkatkan kemampuan diri dan bermanfaat dalam dunia kerja mereka di masa depan, karena dunia kerja di masa depan tidak hanya membutuhkan kita yang fasih dalam berbahasa Indonesia namun juga membutuhkan kita untuk fasih beberapa bahasa.

References

Astuti, F. W. (2016). Laporan Praktik Kerja Lapangan Divisi Commercial Funding & Service Unit Pada Pt Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Jakarta-Cawang.

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2).

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130.

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitatif Proses Dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif Dan Kuantitatif. Cv Literasi Nusantara Abadi.

Khairy, M. S. (2016). " Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Monalisa, A., Kerebungu, F., & Singal, Z. H. (2021). Pergeseran Pola Interaksi Antar Individu Dalam Penggunaan Gadjet Di Era Industri 4.0 (Suatu Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado). Indonesian Journal Of Social Science And Education, 1(2), 111–117.

Nazir, S., Faraz, A., Shahzad, N., Ali, N., Khan, M. A., Iqbal, M., Khan, M. F., Ahmed, T., Rakha, A., & Sabzwari, J. (2014). Prevalence Of Hcv In Β-Thalassemia Major Patients Visiting Tertiary Care Hospitals In Lahore–Pakistan. Advancements In Life Sciences, 1(4), 197–201.

Nugroho, R. W. (2019). Pemanfaatan Penerapan Bahasa Asing Sebagai Penguat Literasi Bahasa Indonesia.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.

Pritandhari, M. P. M., & Ratnawuri, T. (2018). Analisis Pembelajaran Monopoli Ekonomi (Monokomi) Pada Siswa Boarding School. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(2).

Putradi, A. W. A. (2016). Pola-Pola Perubahan Fonem Vokal Dan Konsonan Dalam Penyerapan Kata-Kata Bahasa Asing Ke Dalam Bahasa Indonesia: Kajian Fonologi. Jurnal Arbitrer, 3(2), 95–112.

Santoso, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Asing Di Indonesia: Antara Globalisasi Dan Hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 1–11.

Simarmata, J., Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Subekti, N. A. (2019). Keberadaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Dalam Menunjang Ilmu Pengetahuan Di Era Global.

Zulfikar, A. (2013). Bahasa Indonesia Sebagai Embrio Bahasa Asean. Makalah Dalam Konferensi Bahasa Indonesia X.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Auranissa Hernanda, V., Yasyfa Azzahra, A. ., & Alfarisy, F. . (2022). Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 88–95. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.514