Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.514Keywords:
penerapan, bahasa asing, pendidikanAbstract
Jurnal ini membahas tentang penerapan bahasa asing di dalam kinerja pendidikan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat serta pentingnya dari penerapan bahasa asing dalam lingkup pendidikan dalam hal ini Bahasa Inggris terhadap karya-karya literasi berbahasa indonesia khususnya di lingkungan-lingkungan SMP, SMA, dan Kuliah. Bahasa merupakan sarana yang digunakan untuk berfikir yang merupakan sumber awal dari setiap peserta didik untuk dapat memahami apa saja yang ada disekitar mereka serta mengatakan manusia atau peserta didik dalam memiliki ilmu pengetahuan mereka. Penerapan pembelajaran bahasa asing dalam pendidikan adalah bentuk kepentingan serta mempunyai fungsi serta tujuan untuk warganya, penguasaan terhadap bahasa asing sangatlah diperlukan ada beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut. Pertama pembelajaran bahasa asing adalah cara untuk menyebar dalam kehidupan masyarakat di dunia. Bahasa asing mempunyai peran yang khusus terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dalam dunia kinerja pendidikan banyaknya penyebaran bahasa asing menjadikan bahasa asing tersebut memiliki peranan yang sangat penting. Namun kita juga tidak lupa akan peranan penting dari bahasa indonesia yaitu bahasa nasional dan bahasa negara. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dapat diketahui peranan kedua bahasa tersebut dalam lingkup pendidikan di Indonesia, hasilnya menunjukan bahwa penting diterapkan dalam dunia pendidikan guna untuk meningkatkan kemampuan diri dan bermanfaat dalam dunia kerja mereka di masa depan, karena dunia kerja di masa depan tidak hanya membutuhkan kita yang fasih dalam berbahasa Indonesia namun juga membutuhkan kita untuk fasih beberapa bahasa.
References
Astuti, F. W. (2016). Laporan Praktik Kerja Lapangan Divisi Commercial Funding & Service Unit Pada Pt Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Jakarta-Cawang.
Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2).
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130.
Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitatif Proses Dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif Dan Kuantitatif. Cv Literasi Nusantara Abadi.
Khairy, M. S. (2016). " Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Monalisa, A., Kerebungu, F., & Singal, Z. H. (2021). Pergeseran Pola Interaksi Antar Individu Dalam Penggunaan Gadjet Di Era Industri 4.0 (Suatu Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado). Indonesian Journal Of Social Science And Education, 1(2), 111–117.
Nazir, S., Faraz, A., Shahzad, N., Ali, N., Khan, M. A., Iqbal, M., Khan, M. F., Ahmed, T., Rakha, A., & Sabzwari, J. (2014). Prevalence Of Hcv In Β-Thalassemia Major Patients Visiting Tertiary Care Hospitals In Lahore–Pakistan. Advancements In Life Sciences, 1(4), 197–201.
Nugroho, R. W. (2019). Pemanfaatan Penerapan Bahasa Asing Sebagai Penguat Literasi Bahasa Indonesia.
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.
Pritandhari, M. P. M., & Ratnawuri, T. (2018). Analisis Pembelajaran Monopoli Ekonomi (Monokomi) Pada Siswa Boarding School. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(2).
Putradi, A. W. A. (2016). Pola-Pola Perubahan Fonem Vokal Dan Konsonan Dalam Penyerapan Kata-Kata Bahasa Asing Ke Dalam Bahasa Indonesia: Kajian Fonologi. Jurnal Arbitrer, 3(2), 95–112.
Santoso, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Asing Di Indonesia: Antara Globalisasi Dan Hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 1–11.
Simarmata, J., Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.
Subekti, N. A. (2019). Keberadaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Dalam Menunjang Ilmu Pengetahuan Di Era Global.
Zulfikar, A. (2013). Bahasa Indonesia Sebagai Embrio Bahasa Asean. Makalah Dalam Konferensi Bahasa Indonesia X.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Verren Auranissa Hernanda, Afwa Yasyfa Azzahra, Fitri Alfarisy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.