Analisis Saluran Distribusi Pada PT. Panahmas Dwitama Distrindo Jember

Authors

  • Nanda Ayu Muchlisa Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Moh. Agung Surianto University of Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i12.480

Keywords:

distribusi , strategi distribusi, PT. panahmas dwitama distrindo Jember

Abstract

Distribusi merupakan suatu aspek penting untuk diperhatikan dalam menjalankan bisnis baik bisnis besar maupun bisnis kecil. Keputusan perusahaan dalam menetapkan strategi distribusi serta saluran distribusi yang akan dijalankan menentukan kelancaran jalannya proses distribusi sehingga bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan maupun pihak yang berada dalam saluran distribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran distribusi di PT. Panahmas Dwitama Distrindo Jember dan bagaimana perusahaan mengatur frekuensi pengiriman pesanan barang dalam jumlah kuantitas tertentu terhadap operasional harian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penjualan yang diambil oleh PT Panahmas Dwitama Distrindo Jember merupakan sebuah strategi yang tepat bagi suatu perusahaan dalam menjalankan proses distribusi.

References

arifin, M. Z., Desembrianita, E., & Surianto, M. A. (2021). Strategi Pemasaran Aka Coffe Gresik Di Era Pandemi Covid-19 Melalui Analisis Swot. Jurnal Senopati: Sustainability, Ergonomics, O

ptimization, And Application Of Industrial Engineering, 2(2), 92–101.https://doi.org/10.31284/j.senopati.2021.v2i2.1519

Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Heryanto, I. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2).

Karundeng, T. N., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2018). Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di Cv. Karya Abadi, Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20444

Khiram, H., & Irawati, W. (2017). Analisis Perencanaan Sistem Distribusi Pada Pt. Lafarge Cement Indonesia Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 118–134.https://doi.org/10.24815/jimen.v2i1.2130

Kostini, N., & Raharja, S. J. (2019). Financial Strategy Of Small And Medium Businesses On The Creative Industry In Bandung, Indonesia. International Journal Of Economic Policy In Emerging Economies, 12(2), 130–139.

Lubis, I. T. (2019). Pengaruh Karakteristik Komite Audit, Struktur Kepemilikan Dan Return On Investment Terhadap Prediksi Kebangkrutan Pada Perusahaan Perdagangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ready Star, 2(1), 292–299.

Melinda, V. S., Palandeng, I. D., & Karuntu, M. M. (2018). Analisis Saluran Distribusi Mobil Pada Pt. Hasjrat Abadi Cabang Tendean Di Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21909

Mulyana, M. (2019). Strategi Distribusi.10.31227/osf.io/yrvpc

Nurwandi, A. Y. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Saluran Distribusi Cuka Karet Pada Cv. Tapung Raya Tri Tunggal Air Tiris. Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau.

Sari, R. K. (2018). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Shampoo Pantene Pada Pt. Borwita Citra Prima Depo Situbondo. Growth, 16(1), 29–36.

Sendouw, S. N., & Soepeno, D. (2018). Strategi Promosi Dan Saluran Distribusi Yang Efektif Guna Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Astra Internasional Tbk. Daihatsu Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20064

Sibarani, M. (2013). Analisis Saluran Distribusi dalam Pemasaran CPO pada PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan.

Tanjaya, V., & Wijaya, W. (2019). Pengaruh Saluran Distribusi Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Bilah Baja Makmur Abadi. Jurnal Manajemen, 5(2), 145–152.

Vargo, S. L. (2018). Marketing relevance through market theory. Revista Brasileira de Marketing, 17(5), 730–746. https://doi.org/10.5585/bjm.v17i5.4177

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Ayu Muchlisa, N., & Surianto, M. A. . (2021). Analisis Saluran Distribusi Pada PT. Panahmas Dwitama Distrindo Jember . Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2059–2068. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i12.480