Kinerja Customer Relationship Management Pada PT. Panahmas Dwitama Distrindo Jember

Authors

  • Ifa Dimiyati Khasanah Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Moh. Agung Surianto University of Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i12.476

Keywords:

CRM , Manajemen Hubungan Pelanggan, Kinerja CRM

Abstract

Era persaingan di dunia bisnis saat ini sangat ketat, perusahaan tidak mungkin bisa berkembang pesat tanpa ada customer service yang baik, karena dengan pelayanan yang baik maka akan meningkatkan kepercayaan dan berdampak pada loyalitas pelanggan. Kemampuan perusahaan untuk menjalin hubungan dengan mitra akan berdampak pada peningkatan kemampuan perusahaan untuk menghadapi persaingan. Dalam menjalin hubungan, apabila hubungan tersebut terjalin dengan baik maka akan berdampak baik bagi perusahaan dalam segi penjualan dan bisa meningkatkan profitabilitas. Hubungan distributor dengan pelanggan dapat dipandang sebagai bentuk kerjasama yang terjalin antar perusahaan dengan pelanggan. Saat ini posisi pelanggan bagi perusahaan bukan hanya menjadi sumber pendapatan, tetapi juga aset jangka panjang yang harus dikelola dan dipelihara oleh Customer Relationship Management. Cara pandang perusahaan sekarang ini menganggap pelanggan menjadi bagian penting dalam menentukan arah dan kebijakan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Customer Relationship Management pada PT Panahmas Dwitama Distrindo Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Customer Relationship Management di PT Panahmas Dwitama Distrindo Jember berpengaruh sebagai upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan serta berjalan dengan baik dan juga efektif.

 

References

Aditama, P. T. R. (N.D.). Ajzen, I. 2005. Attitudes, Personality and Behavior Second Edition. New York: Open University Press. Neuman, W. Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif Dan Kualitatif Edisi &. Jakarta. Pt. Indeks Jakarta. Sugiyono. Prof, Dr.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Andharini, S. N., Nurjannah, D., & Kadharpa, E. (2016). Komunikasi Pemasaran Jasa pada Pendidikan Tinggi di Malang. Research Report, 585–591.

Anshari, R. (2019). Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap kinerja perusahaan pada industri perbankan Indonesia. Akuntabel, 16(1), 122–127. http://dx.doi.org/10.29264/jakt.v16i1.5267

Chadiq, U. (2015). Customer Relationship Management (CRM): Pilihan Strategi untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Dharma Ekonomi, 18(33).

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46–52.https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Haislip, J. Z., & Richardson, V. J. (2017). The effect of Customer Relationship Management systems on firm performance. Int. J. Account. Inf. Syst., 27, 16–29.

Kundre, A. J., Wisnubadhra, I., & Suselo, T. (2013). Penerapan customer relationship management dengan dukungan teknologi informasi pada po. chelsy. Semnasteknomedia Online, 1(1), 27–28.

Maulana, W., & PRAMITAPUTRI, D. L. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Xl Axiata Sampang. Jurnal Makro Manajemen, 3(2), 225–238.

Ovi Dyantina, M. A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis web (studi kasus pada pemasaran toko YEN-YEN). Jurnal Sistem Informasi (JSI). VOL 4 No 2.

Prestasyawati, R. M., Ferichani, M., & Setyowati, N. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Konsumen di Cold N’brew. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 8(2), 125–131.https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i2.20757

Sinollah, S., & Masruroh, M. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual-Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen. Dialektika: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 45–64.

Surianto, M., Setiawan, M., Sumiati, S., & Sudjatno, S. (2020). Cause-Related Marketing Campaigns and Repurchase Intentions: The Mediating Role of Brand Awareness, Consumer Attitude and Corporate Image. Management Science Letters, 10(14), 3235–3242.10.5267/j.msl.2020.6.015

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa, Bayumedia. Malang.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip. Penerapan, Dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., Berry, L. L., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Simon And Schuster.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Khasanah, I. D., & Surianto, M. A. (2021). Kinerja Customer Relationship Management Pada PT. Panahmas Dwitama Distrindo Jember. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2069–2080. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i12.476