Kinerja Customer Relationship Management Pada PT. Panahmas Dwitama Distrindo Jember
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v2i12.476Keywords:
CRM , Manajemen Hubungan Pelanggan, Kinerja CRMAbstract
Era persaingan di dunia bisnis saat ini sangat ketat, perusahaan tidak mungkin bisa berkembang pesat tanpa ada customer service yang baik, karena dengan pelayanan yang baik maka akan meningkatkan kepercayaan dan berdampak pada loyalitas pelanggan. Kemampuan perusahaan untuk menjalin hubungan dengan mitra akan berdampak pada peningkatan kemampuan perusahaan untuk menghadapi persaingan. Dalam menjalin hubungan, apabila hubungan tersebut terjalin dengan baik maka akan berdampak baik bagi perusahaan dalam segi penjualan dan bisa meningkatkan profitabilitas. Hubungan distributor dengan pelanggan dapat dipandang sebagai bentuk kerjasama yang terjalin antar perusahaan dengan pelanggan. Saat ini posisi pelanggan bagi perusahaan bukan hanya menjadi sumber pendapatan, tetapi juga aset jangka panjang yang harus dikelola dan dipelihara oleh Customer Relationship Management. Cara pandang perusahaan sekarang ini menganggap pelanggan menjadi bagian penting dalam menentukan arah dan kebijakan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Customer Relationship Management pada PT Panahmas Dwitama Distrindo Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Customer Relationship Management di PT Panahmas Dwitama Distrindo Jember berpengaruh sebagai upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan serta berjalan dengan baik dan juga efektif.
References
Aditama, P. T. R. (N.D.). Ajzen, I. 2005. Attitudes, Personality and Behavior Second Edition. New York: Open University Press. Neuman, W. Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif Dan Kualitatif Edisi &. Jakarta. Pt. Indeks Jakarta. Sugiyono. Prof, Dr.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Andharini, S. N., Nurjannah, D., & Kadharpa, E. (2016). Komunikasi Pemasaran Jasa pada Pendidikan Tinggi di Malang. Research Report, 585–591.
Anshari, R. (2019). Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap kinerja perusahaan pada industri perbankan Indonesia. Akuntabel, 16(1), 122–127. http://dx.doi.org/10.29264/jakt.v16i1.5267
Chadiq, U. (2015). Customer Relationship Management (CRM): Pilihan Strategi untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Dharma Ekonomi, 18(33).
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46–52.https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739
Haislip, J. Z., & Richardson, V. J. (2017). The effect of Customer Relationship Management systems on firm performance. Int. J. Account. Inf. Syst., 27, 16–29.
Kundre, A. J., Wisnubadhra, I., & Suselo, T. (2013). Penerapan customer relationship management dengan dukungan teknologi informasi pada po. chelsy. Semnasteknomedia Online, 1(1), 27–28.
Maulana, W., & PRAMITAPUTRI, D. L. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Xl Axiata Sampang. Jurnal Makro Manajemen, 3(2), 225–238.
Ovi Dyantina, M. A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis web (studi kasus pada pemasaran toko YEN-YEN). Jurnal Sistem Informasi (JSI). VOL 4 No 2.
Prestasyawati, R. M., Ferichani, M., & Setyowati, N. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Konsumen di Cold N’brew. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 8(2), 125–131.https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i2.20757
Sinollah, S., & Masruroh, M. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual-Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen. Dialektika: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 45–64.
Surianto, M., Setiawan, M., Sumiati, S., & Sudjatno, S. (2020). Cause-Related Marketing Campaigns and Repurchase Intentions: The Mediating Role of Brand Awareness, Consumer Attitude and Corporate Image. Management Science Letters, 10(14), 3235–3242.10.5267/j.msl.2020.6.015
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa, Bayumedia. Malang.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip. Penerapan, Dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., Berry, L. L., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Simon And Schuster.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ifa Dimiyati Khasanah, Moh. Agung Surianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.