Pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Rasio Likuiditas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food dan Beverage di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019

Authors

  • Ratna Juwita Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Universitas Widya Kartika, Surabaya, Indonesia
  • Suklimah Ratih Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Universitas Widya Kartika, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i10.444

Keywords:

rasio profitabilitas, rasio leverage, rasio likuiditas, pertumbuhan penjualan, return saham

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu cara yang mampu digunakan untuk memperoleh dana dari pihak ekstern. Setiap berinvestasi, diharapkan adalah return. Pasar modal adalah usaha aktivitas ekonomi memperjualbelikan surat-surat berharga berupa obligasi, saham, dan sejenisnya untuk jangka pendek dan panjang yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta. Salah satu fungsi dari pasar modal adalah fasilitas untuk memobilisasi dana bersumber dari masyarakat berbagai sektor melaksanakan investasi. Di pasar modal, laporan keuangan perusahaan yang go public terlalu penting bagi penilaian kinerja keuangan. Saham merupakan sebagai surat bukti dari kepemilikan atas aset-aset perusahaan menerbitkan saham. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Rasio Likuiditas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Objek pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019, dengan populasi 30 perusahaan. Kemudian dilanjutkan adanya proses penentuan sampel dengan metode purposive sampling, maka perusahaan yang menjadi sampel pada penelitian ini berjumlah 10 perusahaan. Teknik analisis data digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rasio profitabilitas, rasio leverage, rasio likuiditas, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap return saham.

Downloads

Published

2021-10-21

How to Cite

Juwita, R., & Ratih, S. (2021). Pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Rasio Likuiditas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food dan Beverage di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(10), 1750–1765. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i10.444