Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Hubungan Pemasaran serta Implikasinya terhadap Minat Melakukan Sertifikasi Ulang

Authors

  • Rendi Sutrisno Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Adi Nurmahdi Universitas Mercu Buana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i09.420

Keywords:

persepsi harga; kualitas pelayanan; hubungan pemasaran; kepuasan pelanggan; pembelian ulang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisa pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan dan hubungan pemasaran terhadap kepuasan pelanggan serta implikasinya terhadap minat melakukan sertifikasi ulang di salah satu badan sertifikasi ISO di Indonesia.  Penelitian ini menggunakan metode analisis data SEM (Structural Equation Modeling) dan dioperasikan menggunakan aplikasi AMOS 24.0. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada 225 perusahaan yang merupakan pelanggan salah satu badan sertifikasi ISO di Indonesia. Berdasarakan hasil analisis, persepsi harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan keputusan melakukan sertifikasi ulang. Sedangkan hubungan pemasaran secara tidak langsung melalui kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan melakukan sertifikasi ulang.

Downloads

Published

2021-09-21

How to Cite

Sutrisno, R., & Nurmahdi, A. (2021). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Hubungan Pemasaran serta Implikasinya terhadap Minat Melakukan Sertifikasi Ulang. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(09), 1576–1591. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i09.420