Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Hubungan Pemasaran serta Implikasinya terhadap Minat Melakukan Sertifikasi Ulang
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v2i09.420Keywords:
persepsi harga; kualitas pelayanan; hubungan pemasaran; kepuasan pelanggan; pembelian ulang.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisa pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan dan hubungan pemasaran terhadap kepuasan pelanggan serta implikasinya terhadap minat melakukan sertifikasi ulang di salah satu badan sertifikasi ISO di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis data SEM (Structural Equation Modeling) dan dioperasikan menggunakan aplikasi AMOS 24.0. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada 225 perusahaan yang merupakan pelanggan salah satu badan sertifikasi ISO di Indonesia. Berdasarakan hasil analisis, persepsi harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan keputusan melakukan sertifikasi ulang. Sedangkan hubungan pemasaran secara tidak langsung melalui kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan melakukan sertifikasi ulang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rendi Sutrisno, Adi Nurmahdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.