Manajemen Program Peningkatan Kompetensi Keahlian Guru Mata Diklat Produktif di SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v2i03.227Keywords:
manajeme; peningkatan kopetensi; diklat produktif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Manajemen Peningkatan Kompetensi Keahlian guru mata diklat produktif, dari fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang ada di SMK Negeri Adiwerna Kabupaten Tegal. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif. Sumber informasi yang digunakan sesuai dengan fokus penelitian ini yaitu yang terdiri dari kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Program Keahlian, guru mata diklat produktif dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan pencatatan isi. Teknik triangulasi dilakukan melalui wawancara, observasi langsung dan observasi tidak langsung. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitataif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peningkatan kompetensi keahlian guru mata diklat produktif dilakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen melalui perencanaan yang memperhatikan analisis kebutuhan, anggaran yang memadai dan waktu pelaksanaan dengan dasar pengajuan dari kepala program keahlian serta kesesuaian dengan materi pelajaran yang disampaikan ke siswa, alokasi anggaran sekolah yang harus mempertimbangkan kebutuhan anggota program sekolah lainnya, pengorganisasian dilakukan dengan pembagian kerja yang sesuai dengan tugas pokok dengan melalui pendelegasian wewenang yang jelas serta pengambilan keputusan berdasarkan mufakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Suyitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.