Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kerajinan Tenun Gedongan Di Desa Pringgasela Selatan Lombok Timur

Authors

  • Masbullah STIA Muhammadiyah Selong
  • Salmi Yuniar Bahri STIA Muhammadiyah Selong

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i02.13

Keywords:

Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Nine Penenun

Abstract

Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen kerajinan tenun gedongan di desa pringgasela selatan lombok timur (studi pada kelompok  nine penenun (KNP) desa pringgasela selatan). Metode teknik analisis data yang digunakan adalah menguji reliabilitas dan validitas, menguji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan uji F dan uji T. Menguji reliabilitas dan validitas dilakukan terhadap hasil jawaban dari responden dan menggunakan metode penghitungan statistik. menguji asumsi klasik yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu menguji multikolinearitas, menguji normalitas dan menguji heteroskedastisitas. Regresi linier berganda untuk menggambarkan model hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.  Menguji F sering disebut uji simultan, yang digunakan untuk menguji apakah variabel independen yang digunakan dalam model dapat menjelaskan perubahan nilai variabel dependen atau tidak. Menguji T digunakan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen yang terdiri dari  promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen kerajinan tenun gedongan di desa pringgasela selatan lombok timur (studi pada kelompok  nine penenun (KNP) desa pringgasela selatan). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen kerajinan tenun gedongan di desa pringgasela selatan lombok timur, studi pada kelompok  nine penenun (KNP) desa pringgasela selatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kerajinan kain tenun di kelompok  nine penenun (KNP) desa pringgasela selatan Lombok Timur.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Amstrong, Kolter. 2015. Marketing an Introducing prentice Hall twelfth edition. England: Pearson Education, Inc.

Abshor, Muhammad Ulil., Hasiolan, Leonardo B., dan Malik, Djamaludin. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Torabika Duo (Studi Kasus di Area Kabupaten Demak). Journal of Management. Vol. 3, No. 6. (41-56)

Amir, Muhammad dan Ishak, Andi Abdul Razak. 2019. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Makassar. Movere Journal. Vol 1, No. 1. (25-32)

Budiwati, H. (2012). Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Keripik Pisang Agung di Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA, Vol. 2, No. 2, Hal. 29-44.

Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen pemasaran Analisis perilaku konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sakaa Bistro & Bar. eProceeding of Management, Vol.4, No.1, Hal. 175-179.

Fahma Ilmaya (2011) Analisis pengaruh intaraksi harga dan desain produk terhadap keputusan pembelian batik die ka batik Semarang|

hozali. Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPPSS.

Yogyakarta : Universitas Diponegoro.

Ghozali. Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPPSS. Semarang : Penerbit UNDIP.

Jogiyanto, 2014. Teori Portopolio dan Analisis Investasi (Edisi ke 10). Yogyakarta. : BPFE. Lupiyoadi, Hamdani. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.

Natalia, P.; Mulyana, M. (2014). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 2, No. 2, Hal. 119-128.

Malau, Herman. 2017. Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era ModernisasiGlobal. Bandung. ALFABETA.

Seno Adji (2004) melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Susu Kemasan Produk PT. Ultrajaya di Salatiga”.

Sugiyono. (2000). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : ALFABETA. Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.. Bandung : ALFABETA, CV.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi Mix Methods).Bandung : ALFABETA. Sunyoto, Danang, 2014. Dasar-dasar manajeman pemasaran (konsep,strategi, dan kasus).

Yogyakarta: CAPS.

Priyanto, Duwi. 2012. Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta Pasaribu, Ruth F. A., Sianipar, Ira Lestari., Siagian, Yona F., dan Sartika, Vier. 2019.

Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy PT. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen. Vol. 5, No. 1. (45-52).

Latief, Abdul. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan. Vol.7, No.1. (90-99).

Meleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Susilo, Heri., Haryono, Andi Tri., dan Mukery, Moh. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening di Hotel Amanda Hills Bandungan. Journal of Management. Vol. 3, No. 7. (57-83).

Weenas, Jackson R.S. 2013. “Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta”. Jurnal EMBA, Vol 1 No.4. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado

Downloads

Published

2020-09-21

How to Cite

Masbullah, & Salmi Yuniar Bahri. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kerajinan Tenun Gedongan Di Desa Pringgasela Selatan Lombok Timur . Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(02), 82–99. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i02.13