Pendampingan Dinamika Belajar Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Tukmudal Sumber Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v2i01.118Keywords:
pandemi covid-19; dinamika belajarAbstract
Tujuan pembelajaran ini akan dicapai apabila didukung dinamika pembelajaran yang berjalan dengan baik. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dinamika pembelajaran ialah kondisi pembelajaran, metode pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan partisipatoris (partisipatory approach). Penelitian ini menerapkan studi pustaka dan sekaligus studi lapangan, namun dibedakan secara tegas dengan penelitian kuantitatif. Hasil Dinamika pembelajaran di Indonesia saat ini terganggu secara eksternal oleh krisis wabah Covid-19. Bebebrapa dampak diantaranya; 1) sekolah dialihkan ke rumah melalui proses pembelajaran daring; 2) terjadi transformasi media pembelajaran berbasis teknologi melalui penggunaan Wathshap Group, Zoom, Google Classroom, WebEx, Youtube, dan saluran TV; 3) penyesuaian metode pembelajaran; 4) penyesuaian evaluasi pembelajaran untuk penentuan standar kenaikan kelas dan kelulusan; dan 5) tuntutan kolaborasi orangtua peserta didik di rumah sebagai pengganti guru mengontrol pembelajaran anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Taufik Ridwan, Suhandi, Karlina, Fiki Amali , Delin Apriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.