Pendampingan Dinamika Belajar Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Tukmudal Sumber Cirebon

Authors

  • Taufik Ridwan Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Suhandi Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
  • Karlina Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
  • Fiki Amali Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
  • Delin Apriyani Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i01.118

Keywords:

pandemi covid-19; dinamika belajar

Abstract

Tujuan pembelajaran ini akan dicapai apabila didukung dinamika pembelajaran yang berjalan dengan baik. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dinamika pembelajaran ialah kondisi pembelajaran, metode pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan partisipatoris (partisipatory approach). Penelitian ini menerapkan studi pustaka dan sekaligus studi lapangan, namun dibedakan secara tegas dengan penelitian kuantitatif. Hasil Dinamika pembelajaran di Indonesia saat ini terganggu secara eksternal oleh krisis wabah Covid-19. Bebebrapa dampak diantaranya; 1) sekolah dialihkan ke rumah melalui proses pembelajaran daring; 2) terjadi transformasi media pembelajaran berbasis teknologi melalui penggunaan Wathshap Group, Zoom, Google Classroom, WebEx, Youtube, dan saluran TV; 3) penyesuaian metode pembelajaran; 4) penyesuaian evaluasi pembelajaran untuk penentuan standar kenaikan kelas dan kelulusan; dan 5) tuntutan kolaborasi orangtua peserta didik di rumah sebagai pengganti guru mengontrol pembelajaran anak.

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Taufik Ridwan, Suhandi, Karlina, Fiki Amali, & Delin Apriyani. (2021). Pendampingan Dinamika Belajar Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Tukmudal Sumber Cirebon. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(01), 132–142. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i01.118