Pengawasan Internal untuk Pencegahan Kecurangan Keuangan di Kantor Pos Meulaboh 23600

Main Article Content

Abdi Lutfi Azhari
Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh, Indonesia

 Sebagai perusahaan yang mencari laba dan salah satu perusahaan milik
negara, Kantor Pos harus mengelola keuangannya dengan baik
sehingga bisa menjadi pemasukan bagi negara secara maksimal. Untuk
itu, kantor pos memiliki pengawasan internal keuangan agar
pengelolaan keuangannya sesuai dengan prosedur perusahaan dan bisa
terhindar dari tindak kecurangan sehingga pengelolaanya bisa lebih
baik. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat
pengawasan internal untuk pencegahan kecurangan dibagian keuangan
di kantor pos Meulaboh. Topik ini diangkat karena penulis tertarik
melihat audit yang di lakukan kantor pos Meulaboh pada saat
melakukan pemeriksaan di bagian keuangan. Dalam penelitian ini,
penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan
studi kasus, yaitu dengan melakukan observasi atau pengamatan secara
langsung bagaimana kegiatan atau aktivitas pekerjaan yang terjadi di
Kantor Pos Meulaboh. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan
bahwa pengawasan internal sangat berpengaruh dan efektif dalam
meminimalisir dan mencegah terjadinya kecurangan. Dengan
pengawasan atau pemeriksaan yang dilakukan secara rutin menjadikan
pengawasan ini efektif untuk mencegah kecurangan (fraud), sehingga
berdampak baik bagi perusahaan karena kecilnya peluang untuk
melakukan kecurangan.


Keywords: internal control;, internal audit;, fraud prevention pengawasan internal;, audit internal;, pencegahan kecurangan