Analisis Kualitas Pelayanan Apotek Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Malinau

Authors

  • Twowenti Fitri Marpaung Program Studi Administrasi Bisnis, Politeknik Malinau, Kalimantan Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i11.456

Keywords:

quality of service;, outpatient pharmacy;, patient satisfaction

Abstract

Kualitas layanan adalah layanan yang sebenarnya diharapkan pasien. Kualitas pelayanan yang baik merupakan pelayanan yang sudah memenuhi keinginan serta kebutuhan pasien. Melalui evaluasi kepuasan, kita dapat melihat bagaimana kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan apotek rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Malinau. Penelitian ini berfokus pada kualitas pelayanan apotek rawat jalan yang memberikan pelayanan kepada pasien. Penelitian ini mengkaji dan menjawab pertanyaan tentang kualitas pelayanan yang diberikan rumah sakit khususnya apotek rawat jalan, dan apakah pasien merasa puas atau tidak dengan pelayanan yang diberikan rumah sakit. Penelitian ini menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi kegiatan pengumpulan data, reduksi data (penyajian data), penarikan kesimpulan atau penarikan kesimpulan atau validasi.Berdasarkan Standar Pelayanan Publik menurut Keputusan Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara (PAN) Nomor : 63/Kep/M.PAN/7/2003 (dalam
Hardiansyah, 2011) Kualitas pelayanan sekurang-kurangnya meliputi: prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kemampuan petugas pelayanan. Proses layanan, biaya layanan, dan pelayanan Kemampuan produk dan tenaga pelayanan RSUD Malinau dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku, hanya saja dari segi waktu pelayanan dan fasilitas yang sepenuhnya belum memadai sesuai harapan dari pasien. 

References

Dep Kes, R. I. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/Sk/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Nomor Tambahan Lembaran Negara Nomor 4355 Nomor Tambahan Lembaran Negara Nomor, 4400(1), 5.

Fajarini, H. (2018). Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 73 tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Parapemikir: Jurnal Ilmiah Farmasi, 7(2), 260–269.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Harfika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 14(01).

Mardiana, D. (2016). Tinjauan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Petugas Tempat Pendaftaran Rawat Jalan di RSU Imelda Pekerja Indonesia. Medan: Apikes Imelda. Di Akses Tanggal, 2.

Pohan, I. S. (2019). Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan. EGC.

PRASETYA, N. A. N. (2009). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

Prihartini, N., Yuniar, Y., Susyanty, A. L., & Raharni, R. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit dan Puskesmas di 11 Provinsi di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 42–49.

Rensi, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Tenaga Medis Dan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex, 2(2).

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.

Rinaldi, R. (2012). Analisis kualitas pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 2(1), 22–34.

Risal, T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Bmt Kampoeng Syariah. JMB (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(1).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Yogyakarta: Deepublish.

Saputri, D. I., Idris, A., & Dama, M. (2019). Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Terhadap Pasien Pengguna BPJS di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Marpaung, T. F. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Apotek Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Malinau. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(11), 2035–2042. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i11.456