Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v2i02.195Keywords:
media sosial, pemasaran media sosia, kesadaran merekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna media sosial sebagai aplikasi sosial yang memungkinkan pembuatan, pertukaran, serta berbagi informasi berupa foto dan gambar yang telah dibuat oleh pengguna berbasis internet dan teknologi. Pemasaran media sosial merupakan sarana yang berguna bagi masyarakat untuk mengenal dan memahami suatu hubungan dan memenuhi sesuatu yang dicari atau dibutuhkan konsumen yang dibangun melalui media sosial secara efektif dan efisien. Keterampilan dan kecerdasan seseorang atau konsumen dalam suatu produk atau layanan yang digunakan dari nama dan merek tertentu dikenal sebagai kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kualitatif dengan analisis data yaitu studi pustaka. Hasil penelitian membuktikan variabel melakukan pemasaran melalui media sosial memberikan pengaruh yang penting terhadap kesadaran merek toko online, namun terdapat beberapa indikator yang belum mempengaruhi faktor-faktor tertentu.
References
Anizir, & Wahyuni, R. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image Perguruan Tinggi Swasta di Kota Serang. Seminar Nasional Riset Terapan, November, 224–229.
Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148.
Elaydi, H. O. (2018). The Effect of Social Media Marketing on Brand Awareness through Facebook: An Individual-Based Perspective of Mobile Services Sector in Egypt. OALib, 05(10), 1–13.
Febriyan, F., & Supriono. (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awareness Pada Produk Internasional (Survei Pada Komunitas Xiaomi Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(1), 74–79.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213.
Haryanto, A. T. (2020). Riset: Ada 175,2 Juta Pengguna Internet di Indonesia. Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta- pengguna-internet-di-indonesia
Iman K, D., Arifin, Z., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 24(1), 1–9.
Karman, M. A. (2015). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity toward the Purchase Intention of Starbucks Indonesia. IBuss Management, 3(2), 77–88.
Kusuma, B. A., & Putri, B. P. S. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity. JIM UPB, 7(1), 33–37.
Laksamana, P. (2018). Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty : Evidence from Indonesia ’ s Banking Industry. Econ Journals, 8(1), 13–18.
Liputo, G. P. (2020). Bagaimana Menulis Literature Review? Gustinerz.Com. https://gustinerz.com/bagaimana-menulis-literature-review/
Mileva, L., & Dh, ahmad fauzi. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190– 199.
Tritama, H. B., & Tarigan, R. E. (2016). The Effect of Social Media to the Brand Awareness of A Product of A Company. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(1), 9–14.
Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital ( Digital Marketing ) Terhadap Brand Awareness Pada E-commerce. Manajerial, 12(2), 198–209.
Yapa, U. A. S. (2017). The Impact of Social Media on Brand Awareness ( With Special Reference to Facebook Use in Fast Moving Consumer Goods in Sri Lanka ). International Journal of Engineering and Management Research, 7(5), 262–272.
Zulfikar, A. R., & Mikhriani. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 279–294.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dennis Adrian, M. Rachman Mulyandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.