Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online

Authors

  • Dennis Adrian Matana University, Tangerang
  • M. Rachman Mulyandi Matana University, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i02.195

Keywords:

media sosial, pemasaran media sosia, kesadaran merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna media sosial sebagai aplikasi sosial yang memungkinkan pembuatan, pertukaran, serta berbagi informasi berupa foto dan gambar yang telah dibuat oleh pengguna berbasis internet dan teknologi. Pemasaran media sosial merupakan sarana yang berguna bagi masyarakat untuk mengenal dan memahami suatu hubungan dan memenuhi sesuatu yang dicari atau dibutuhkan konsumen yang dibangun melalui media sosial secara efektif dan efisien. Keterampilan dan kecerdasan seseorang atau konsumen dalam suatu produk atau layanan yang digunakan dari nama dan merek tertentu dikenal sebagai kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kualitatif dengan analisis data yaitu studi pustaka. Hasil penelitian membuktikan variabel melakukan pemasaran melalui media sosial memberikan pengaruh yang penting terhadap kesadaran merek toko online, namun terdapat beberapa indikator yang belum mempengaruhi faktor-faktor tertentu.

References

Anizir, & Wahyuni, R. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image Perguruan Tinggi Swasta di Kota Serang. Seminar Nasional Riset Terapan, November, 224–229.

Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148.

Elaydi, H. O. (2018). The Effect of Social Media Marketing on Brand Awareness through Facebook: An Individual-Based Perspective of Mobile Services Sector in Egypt. OALib, 05(10), 1–13.

Febriyan, F., & Supriono. (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awareness Pada Produk Internasional (Survei Pada Komunitas Xiaomi Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(1), 74–79.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213.

Haryanto, A. T. (2020). Riset: Ada 175,2 Juta Pengguna Internet di Indonesia. Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta- pengguna-internet-di-indonesia

Iman K, D., Arifin, Z., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 24(1), 1–9.

Karman, M. A. (2015). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity toward the Purchase Intention of Starbucks Indonesia. IBuss Management, 3(2), 77–88.

Kusuma, B. A., & Putri, B. P. S. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity. JIM UPB, 7(1), 33–37.

Laksamana, P. (2018). Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty : Evidence from Indonesia ’ s Banking Industry. Econ Journals, 8(1), 13–18.

Liputo, G. P. (2020). Bagaimana Menulis Literature Review? Gustinerz.Com. https://gustinerz.com/bagaimana-menulis-literature-review/

Mileva, L., & Dh, ahmad fauzi. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190– 199.

Tritama, H. B., & Tarigan, R. E. (2016). The Effect of Social Media to the Brand Awareness of A Product of A Company. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(1), 9–14.

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital ( Digital Marketing ) Terhadap Brand Awareness Pada E-commerce. Manajerial, 12(2), 198–209.

Yapa, U. A. S. (2017). The Impact of Social Media on Brand Awareness ( With Special Reference to Facebook Use in Fast Moving Consumer Goods in Sri Lanka ). International Journal of Engineering and Management Research, 7(5), 262–272.

Zulfikar, A. R., & Mikhriani. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 279–294.

Downloads

Published

2020-02-21

How to Cite

Adrian, D., & Mulyandi , M. R. . (2020). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(02), 215–222. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i02.195