Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Mujazi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i05.76

Keywords:

Kata Kunci: Penggunaan STAD, Aktifitas Belajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Sosiologi sub pokok bahasan diferensiasi sosial tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPS SMA Al-Mubarok Kota Tangerang berjumlah 24 siswa. Penelitian meliputi pra penelitian, siklus I, dan siklus II. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, wawancara guru mata pelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif (rata-rata dan persentase).  Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa kelas pada setiap siklus. Ketuntasan aktivitas belajar pada pra penelitian 42%, siklus I 60% dan siklus II menjadi 80%. Untuk ketuntasan hasil belajar pra siklus nilai rata-rata 62.08 (33.3%), siklus I nilai rata-rata 68.79 (62.5%), dan siklus II nilai rata-rata 79.38 (83.3%).

References

Astiti, N. W. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajarn Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Prestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Semarapura. 14.

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1),

https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Cetakan III). Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2011). Pembelajaran kooperatif meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Pustaka Pelajar.

Kalim, N. (2013). (Cooperative learning model stad to improve mathematics result). 8.

Karacop, A. (2016). Effects of Student Teams-Achievement Divisions Cooperative Learning with Models on Students’ Understanding of Electrochemical Cells. International Education Studies, 9(11), 104. https://doi.org/10.5539/ies.v9n11p104

Khan, G. N., & Inamullah, H. M. (2011). Effect of student’s team achievement division (STAD) on academic achievement of students. Asian Social Science, 7(12), 211–215.

Kimmelmann, N., & Lang, J. (2019). Linkage within teacher education: cooperative learning of teachers and student teachers. European journal of teacher education, 42(1), 52–64.

Prasetyaningtyas, S. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Stad Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPA Pada Materi Pewarisan Sifat Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Semin. 13.

Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning in schools. Dalam International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (hlm. 881–886). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92028-2

Syahidi, A. A., & Asyikin, A. N. (2018). Applying Student Team Achievement Divisions (STAD) Model on Material of Basic Programme Branch Control Structure to Increase Activity and Student Result. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 336(1), 12027.

Tiantong, M., & Teemuangsai, S. (2013). Student Team Achievement Divisions (STAD) Technique through the Moodle to Enhance Learning Achievement. International Education Studies, 6(4).

Wibowo, R. (2013). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SD. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 5(1).

Wyk, M. M. van. (2012). The Effects of the STAD-Cooperative Learning Method on Student Achievement, Attitude and Motivation in Economics Education. Journal of Social Sciences, 33(2), 261–270. https://doi.org/10.1080/09718923.2012.11893104

Yeung, H. C. H. (2015). Literature review of the cooperative learning strategy-student team achievement division (STAD). International Journal of Education, 7(1), 29–43.

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Mujazi. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(05), 448–457. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i05.76