Pemanfaatan Kekayaan Media dalam Kepemimpinan Efektif dengan Sistem Komunikasi Multi-Channel di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Andi Vita Sukmarini Universitas Fajar Makassar
  • Muhammad Yusuf AR Universitas Fajar Makassar
  • Darmawati Kadir Universitas Fajar Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.557

Keywords:

kekayaan media, komunikasi, kepemimpinan, pandemi COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan Kekayaan Media yang digunakan sebagai alat komunikasi Multi-Channel di masa pandemi COVID-19. Pemanfaatan Teknologi Multimedia dengan segala kekayaan konten dan fungsinya saat pandemi covid-19 menuntut lembaga atau organisasi harus cerdas dalam memanfaatkan berbagai aplikasi multimedia. Jika merujuk pada teori kekayaan media, maka sudah selayaknya sebuah Organisasi dengan kepemimpinan efektif harus memanfaatkan kelebihan setiap aplikasi multimedia yang ada, sehingga komunikasi multi-channel dapat efektif berjalan. Penelitian ini dilakukan di sebuah Universitas Swasta Al Asyariah Mandar, Sulawesi Barat yang berada di daerah dengan segala keterbatasan layanan jaringan komunikasi. Metode penelitian menggunakan mix metode yakni sampel analisa berdasarkan quisisoner yang disebar dalam tim organisasi dan pejabat kampus dan studi kasus berdasarkan observasi wawancara pada beberapa pimpinan bidang terkait di lokasi penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa di lokasi penelitan penggunaan aplikasi multimedia efektif mendukung tujuan organisasi sehingga dapat bertahan bahkan secara kinerja kelembagaan berprestasi, meskipun di situasi pandemi COVID-19 melanda sejak dua tahun terakhir. Selain itu didapatkan bahwa komunikasi multi-channel dengan pemanfaatan teori kekayaan media, juga dapat mendukung berjalannya organisasi dengan baik.                                                                           

References

Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). Komunikasi Organisasi (Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis). Inter Komunika, 3(2), 192–206. 10.33376/ik.v3i2.234

Cahyadi, A. (2020). Unasman Sabet Tiga Penghargaan di LLDIKTI Awards 2020.

Daft, R., & Lengel, R. (1984). Information richness: A new approach to managerial behavior and organization design. In B. M. Staw & L. L. Cummings (Eds.), Research in organizational

Hasyim, N. (2016). Komunikasi Organisasi di Perguruan Tinggi Islam Negeri (Studi Kasus di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan kalijaga). Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 2(2). https://doi.org/10.52447/promedia.v2i2.540

Indonesia, P. R. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.

Ishii, K., Lyons, M. M., & Carr, S. A. (2019). Revisiting media richness theory for today and future. Human Behavior and Emerging Technologies, 1(2), 124-131 https://doi.org/10.1002/hbe2.138

Liliweri, A. (2014). Sosiologi dan komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Panuju, R., & Narena, I. K. (2019). Komunikasi Organisasi Bidang Reservasi Hotel. Jurnal Komunikasi, 11(1), 30–41. 10.24912/jk.v11i1.2297

Purba, S., Revida, E., Parinduri, L., Purba, B., Muliana, M., Purba, P. B., Tasnim, T., Tahulending, P. S., Simarmata, H. M. P., & Prasetya, A. B. (2020). Perilaku Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

RS, Putra., I Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien,Studi Media Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Vol:3, No.2)

Rini, E. P., Kom, M., Saputra, D. I. S., & Kom, M. (2021). Sistem Informasi Manajemen Di Era Revolusi Industri 4.0 (Vol. 1). Zahira Media Publisher.

Simamora, P. R. T. (2021). Komunikasi Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Suherman, U. D. (2019). Pentingnya Kepemimpinan dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah 1(2), 259-274.

Venus, A., & Munggaran, N. R. (2017). Menelusuri Perkembangan Teori Kekayaan Media. Dialektika, 4(1).

Widiarto, D. S. (2018). Pola Komunikasi Organisasi: Komunikasi Vertikal Pada Cv. Kios Cetak Utama Surabaya. Metacommunication, 3(1), 1–13.

Zahara, E. (2018). Peranan komunikasi organisasi bagi pimpinan organisasi. Warta Dharmawangsa, 56. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.8

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Vita Sukmarini, A., Yusuf AR, M. ., & Kadir, D. . (2022). Pemanfaatan Kekayaan Media dalam Kepemimpinan Efektif dengan Sistem Komunikasi Multi-Channel di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 183–196. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.557