Penyusunan Strategi Marketing (Studi Kasus pada Pancawarna Tour dan Travel)

Authors

  • Inke Febi Safitri Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Bambang Moertono S Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i03.553

Keywords:

strategi marketing, analisis, SWOT

Abstract

Banyak perusahaan mengalami penurunan penjualan di saat Pandemi Covid-19 termasuk Pancawarna Tour & Travel. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi marketing yang tepat untuk Pancawarna Tour & Travel. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2021. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi pemasaran Pancawarna Tour & Travel pada kuadran I yaitu maksi-maksi sehingga strategi agresif yang diterapkan. Strategi yang sesuai untuk Pancawarna Tour & Travel adalah: membuat paket-paket wisata yang diminati wisatawan domestik dan mancanegara, meningkatkan kerjasama dengan komponen-komponen pariwisata, memperkuat kerjasama tim marketing, meningkatkan kualitas pelayanan dengan menjamin keamanan wisatawan, menjaga stabilitas keuangan perusahaan dan memperluas pangsa pasar dengan meningkatkan promosi di berbagai media secara offline dan online. Pancawarna Tour & Travel disarankan menciptakan paket wisata yang unik agar menjadi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Disarankan pula untuk membuat angket kepada wisatawan sebagai bahan evaluasi tim penelitian dan pengembangan untuk lebih inovatif dalam membuat paket-paket pariwisata.

References

Aini, N. (2013). Pengaruh CAR, NIM, LDR, NPL, BOPO, dan Kualitas Aktiva Produktifterhadap Perubahan Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI) Tahun 2009–2011. Dinamika Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 2(1).

Aji, N. B. (2018). Analisis swot daya saing sekolah: studi kasus di sebuah sma swasta di kota tangerang. Jurnal Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 10(1), 65–73.

Anadia, Z. (2021). Kondisi Sosial Ekonomi Petani Sere Wangi pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa Kerukunan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues.

Damanik, D., Nasrullah, N., Purba, B., Arfandi, S. N., Abdillah, D., Raditya, R., Salim, M. N., Hamidah, S., Rusata, T., dan Faried, A. I. (2022). Ekonomi Pariwisata: Konsep, Pemasaran dan Pembangunan. Yayasan Kita Menulis.

Haryani, Y. (2021). Pendapatan Analisis Pendapatan UMKM pada Masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Sumbawa: Indonesia. Nusantara Journal of Economics, 3(02), 29–37. https://doi.org/10.37673/nje.v3i02.1480

Kurniawan, R. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pelaku UMKM Bidang Otomotif Selama Masa Pandemi COVID 19 di Kota Jambi. ekonomi pembangunan.

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi COVID-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Noor, S. (2014). Penerapan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal Intekna, 14(2), 102–209.

Purwahita, A. A. A. R. M., Wardhana, P. B. W., Ardiasa, I. K., dan Winia, I. M. (2021). Dampak COVID-19 terhadap Pariwisata Bali Ditinjau dari Sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 1(2), 68–80. https://doi.org/10.53356/diparojs.v1i2.29

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705–709. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010

Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Sagala, H. S., dan Sos, S. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan. Prenada Media.

Siagian, A. O., dan Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi COVID-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Sumartini, A. R., dan Ariwiguna, I. G. P. (2019). Analisis Posisi Bersaing dan Penentuan Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Nilai Penjualan pada Budhi Ayu Silver di Celuk Sukawati Gianyar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 1(1), 9–18.

Yuristia, A. (2017). Keterkaitan pendidikan, perubahan sosial budaya, modernisasi dan pembangunan. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 1(1).

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Febi Safitri, I., & Moertono S, B. . (2022). Penyusunan Strategi Marketing (Studi Kasus pada Pancawarna Tour dan Travel). Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(03), 496–506. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i03.553