Penyusunan Strategi Marketing (Studi Kasus pada Pancawarna Tour dan Travel)
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v3i03.553Keywords:
strategi marketing, analisis, SWOTAbstract
Banyak perusahaan mengalami penurunan penjualan di saat Pandemi Covid-19 termasuk Pancawarna Tour & Travel. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi marketing yang tepat untuk Pancawarna Tour & Travel. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2021. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi pemasaran Pancawarna Tour & Travel pada kuadran I yaitu maksi-maksi sehingga strategi agresif yang diterapkan. Strategi yang sesuai untuk Pancawarna Tour & Travel adalah: membuat paket-paket wisata yang diminati wisatawan domestik dan mancanegara, meningkatkan kerjasama dengan komponen-komponen pariwisata, memperkuat kerjasama tim marketing, meningkatkan kualitas pelayanan dengan menjamin keamanan wisatawan, menjaga stabilitas keuangan perusahaan dan memperluas pangsa pasar dengan meningkatkan promosi di berbagai media secara offline dan online. Pancawarna Tour & Travel disarankan menciptakan paket wisata yang unik agar menjadi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Disarankan pula untuk membuat angket kepada wisatawan sebagai bahan evaluasi tim penelitian dan pengembangan untuk lebih inovatif dalam membuat paket-paket pariwisata.
References
Aini, N. (2013). Pengaruh CAR, NIM, LDR, NPL, BOPO, dan Kualitas Aktiva Produktifterhadap Perubahan Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI) Tahun 2009–2011. Dinamika Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 2(1).
Aji, N. B. (2018). Analisis swot daya saing sekolah: studi kasus di sebuah sma swasta di kota tangerang. Jurnal Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 10(1), 65–73.
Anadia, Z. (2021). Kondisi Sosial Ekonomi Petani Sere Wangi pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa Kerukunan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues.
Damanik, D., Nasrullah, N., Purba, B., Arfandi, S. N., Abdillah, D., Raditya, R., Salim, M. N., Hamidah, S., Rusata, T., dan Faried, A. I. (2022). Ekonomi Pariwisata: Konsep, Pemasaran dan Pembangunan. Yayasan Kita Menulis.
Haryani, Y. (2021). Pendapatan Analisis Pendapatan UMKM pada Masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Sumbawa: Indonesia. Nusantara Journal of Economics, 3(02), 29–37. https://doi.org/10.37673/nje.v3i02.1480
Kurniawan, R. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pelaku UMKM Bidang Otomotif Selama Masa Pandemi COVID 19 di Kota Jambi. ekonomi pembangunan.
Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi COVID-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.
Noor, S. (2014). Penerapan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal Intekna, 14(2), 102–209.
Purwahita, A. A. A. R. M., Wardhana, P. B. W., Ardiasa, I. K., dan Winia, I. M. (2021). Dampak COVID-19 terhadap Pariwisata Bali Ditinjau dari Sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 1(2), 68–80. https://doi.org/10.53356/diparojs.v1i2.29
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705–709. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010
Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Sagala, H. S., dan Sos, S. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan. Prenada Media.
Siagian, A. O., dan Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi COVID-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212
Sumartini, A. R., dan Ariwiguna, I. G. P. (2019). Analisis Posisi Bersaing dan Penentuan Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Nilai Penjualan pada Budhi Ayu Silver di Celuk Sukawati Gianyar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 1(1), 9–18.
Yuristia, A. (2017). Keterkaitan pendidikan, perubahan sosial budaya, modernisasi dan pembangunan. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Inke Febi Safitri, Bambang Moertono S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.