Analisis Modifikasi Haluan Axe Bow Pada Kapal Pc 40 untuk Mengurangi Hambatan Kapal

Authors

  • Veryawan Nanda Perkasa Faculty of Defense Technology Indonesia Defense University
  • Sovian Aritonang Faculty of Defense Technology Indonesia Defense University
  • Djamarel Hermanto Faculty of Defense Technology Indonesia Defense University

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i02.548

Keywords:

hambatan kaopal, AXE bow, metode slenderbody

Abstract

Luas wilayah Indonesia 80% berupa laut dan luasnya mencapai 5.800.000 km2 dengan garis pantai sepanjang 80.791 km. Banyaknya kasus illegal loging, penyelundupan BBM, serta kapal-kapal perompak yang selalu meresahkan kapal-kapal di perairan Indonesia menuntut adanya penambahan armada kapal patroli cepat dengan kecepatan tinggi untuk mengatasinya. Hambatan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi proses perancangan sebuah kapal. Kapal dengan bentuk lambung yang baik akan menghasilkan hambatan yang efisiensi sehingga operasional kapal dan pergerakan kapal lebih baik. Pada penelitian ini dilakukan dengan memodelkan Kapal PC 40 dengan spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan bobot 220 ton dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot. Selanjutnya model lambung kapal PC 40 dirubah pada bagian haluan sehingga menghasilkan hambatan total paling kecil menggunakan pendekatan studi numerik software (maxsuft Resistence) metode slenderbody. Hasil penelitian berdasarkan analisa numerik (Maxsuft – Resistence) menujukkan pada kecepatan jelajah bentuk lambung model AXE Bow memiliki nilai hambatan yang lebih kecil dibandingkan model kapal sebelumnya. Hasil perhitungan numerik memiliki nilai selisih total hambatan pada kondisi kecepatan jelajah 15 Knot pada perhitungan numerik studi (maxsuft resistence) didapatkan nilai hambatan total 39,2 kN pada simulasi model AXE Bow dan hasil hambatan total dari model Rounded Bow 42,4 kN selisihnya 3,2 kN lebih kecil 8 % dibandingkan model Rounded Bow.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Nanda Perkasa, V., Aritonang, S. ., & Hermanto, D. . (2022). Analisis Modifikasi Haluan Axe Bow Pada Kapal Pc 40 untuk Mengurangi Hambatan Kapal. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(02), 360–368. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i02.548