Analisis Modifikasi Haluan Axe Bow Pada Kapal Pc 40 untuk Mengurangi Hambatan Kapal
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v3i02.548Keywords:
hambatan kaopal, AXE bow, metode slenderbodyAbstract
Luas wilayah Indonesia 80% berupa laut dan luasnya mencapai 5.800.000 km2 dengan garis pantai sepanjang 80.791 km. Banyaknya kasus illegal loging, penyelundupan BBM, serta kapal-kapal perompak yang selalu meresahkan kapal-kapal di perairan Indonesia menuntut adanya penambahan armada kapal patroli cepat dengan kecepatan tinggi untuk mengatasinya. Hambatan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi proses perancangan sebuah kapal. Kapal dengan bentuk lambung yang baik akan menghasilkan hambatan yang efisiensi sehingga operasional kapal dan pergerakan kapal lebih baik. Pada penelitian ini dilakukan dengan memodelkan Kapal PC 40 dengan spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan bobot 220 ton dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot. Selanjutnya model lambung kapal PC 40 dirubah pada bagian haluan sehingga menghasilkan hambatan total paling kecil menggunakan pendekatan studi numerik software (maxsuft Resistence) metode slenderbody. Hasil penelitian berdasarkan analisa numerik (Maxsuft – Resistence) menujukkan pada kecepatan jelajah bentuk lambung model AXE Bow memiliki nilai hambatan yang lebih kecil dibandingkan model kapal sebelumnya. Hasil perhitungan numerik memiliki nilai selisih total hambatan pada kondisi kecepatan jelajah 15 Knot pada perhitungan numerik studi (maxsuft resistence) didapatkan nilai hambatan total 39,2 kN pada simulasi model AXE Bow dan hasil hambatan total dari model Rounded Bow 42,4 kN selisihnya 3,2 kN lebih kecil 8 % dibandingkan model Rounded Bow.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Veryawan Nanda Perkasa, Sovian Aritonang, Djamarel Hermanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.