Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Go-Jek

Authors

  • Della Fairly a:1:{s:5:"en_US";s:31:"Universitas Internasional Batam";}
  • Desy Desy Universitas Internasional Batam
  • Joycelin Joycelin Universitas Internasional Batam
  • Wilfi Caroline Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.508

Keywords:

sistem erp, perusahaan, jasa

Abstract

harus dapat menggunakan teknologi informasi. Salah satu perusahaan jasa di indonesia yang telah menerapkan sistem ERP adalah Go-Jek yang merupakan perusahaan berbasis digital yang berasal dari Indonesia. Perusahaan lahir pada tahun 20l0 di Jakarta yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem ERP pada perusahaan Go-Jek. Tim penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan kualitatif yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga didukung dengan penerapan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan 3 sistem ERP yaitu transaction processing systems, enterprise collaboration systems, dan process control systems. Sistem ERP ini dapat membantu melancarkan kegiatan perusahaan. Tim penulis merekomendasikan beberapa kriteria sistem ERP. Customizable dan Expandable, ini dapat mempermudah pengguna Go-Jek untuk dapat mencari dokter tanpa harus keluar rumah karena penyebaran virus sangatlah cepat dan berbahaya. Reduce Cost, perusahaan harus bisa menerapkan sistem yang tidak mengeluarkan biaya yang besar juga. Dalam menerapkan sistem ERP pada perusahaan Go-Jek, Human Resource menjadi faktor kesuksesan bisnis dalam penerapan sistem tersebut yang dimana Faktor yang dirasakan langsung oleh perusahaan Go-Jek adalah perusahaan menjadi lebih gampang dalam memilih dan mengatur karyawan yang dimana manajemen menjadi lebih menghemat waktu.

References

Agustin, A., & Khuzaini, K. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Go-Jek) Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 6(9).

Bijaksani, D. W. I. A. (2020). Tinjauan Hukum Terhadap Ganti Kerugian Kepada Driver Go-Food Mengenai Pembatalan Orderan Sepihak Oleh Konsumen Di Wilayah Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Chaer, M. T., Septiawan, Y., Hadi, S., Arlotas, R. K., Rahmayanti, N., Lubis, M. A., Keban, Y. B., Dewi, N. P. C. P., Purandina, I. P. Y., & Fathoni, A. (2020). Membangun Pendidikan Indonesia Berkelas Dunia. Goresan Pena.

Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku Konsumen Di Era Digital: Beserta Studi Kasus. Universitas Brawijaya Press.

Fuaddah, Z., Agus, S., & Sos, S. (2020). Pola Komunikasi Koperasi Sopir Transportasi Solo (Kosti Solo) Dengan Customer Dalam Meningkatkan Citra. Iain Surakarta.

Huda, R. (2019). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Transportasi Online Berbasis Aplikasi Yang Beroperasi Di Kabupaten Kudus (Studi Kasus: Go-Jek Di Kabupaten Kudus). Iain Kudus.

Laili, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Miqdad, D. M., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Pelanggan Go-Ride Di Kota Madya Malang). Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 7(3), 77–86.

Muhsinun, M. (2020). Pandangan Politik Driver Gojek Online Terhadap Tagar 2019 Ganti Presiden (Studi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Uin Raden Intan Lampung.

Pratama, G. Y., & Suradi, A. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Pengguna Jasa Transportasi Online Dari Tindakan Penyalahgunaan Pihak Penyedia Jasa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Diponegoro Law Journal, 5(3), 1–19.

Pujohardiyanto, A., & Rofiah, S. (2019). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat Dengan Codeigniter Dan Bootstrap. Bina Insani Ict Journal, 6(1), 103–112.

Raco, J. R. (2010). Metode-Penelitian-Kualitatif. Doi 10.31219/osf.io/mfzuj

Rini, T. (2020). Pengaruh Kewajaran Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Jek Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Romindo, R., Muttaqin, M., Saputra, D. H., Purba, D. W., Iswahyudi, M., Banjarnahor, A. R., Kusuma, A. H. P., Effendy, F., Sulaiman, O. K., & Simarmata, J. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Romindo, R., Niar, H., Sipayung, R., Julyanthry, J., Yendrianof, D., Pelu, M. F. A. R., Febrianty, F., Jamaludin, J., Ardiana, D. P. Y., & Simarmata, J. (2020). Sistem Informasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Virgiawansyah, E., Utomo, B. B., & Rosyid, R. (2019). Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(06).

Wibisono, S. (2005). Enterprise Resource Planning (Erp) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi. Dinamik, 10(3). DOI: https://doi.org/10.35315/dinamik.v10i3.24

Downloads

Published

2022-01-17

How to Cite

Fairly, D., Desy, D., Joycelin, J., & Caroline, W. . (2022). Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Go-Jek. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 10–17. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.508