Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Go-Jek
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.508Keywords:
sistem erp, perusahaan, jasaAbstract
harus dapat menggunakan teknologi informasi. Salah satu perusahaan jasa di indonesia yang telah menerapkan sistem ERP adalah Go-Jek yang merupakan perusahaan berbasis digital yang berasal dari Indonesia. Perusahaan lahir pada tahun 20l0 di Jakarta yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem ERP pada perusahaan Go-Jek. Tim penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan kualitatif yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga didukung dengan penerapan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan 3 sistem ERP yaitu transaction processing systems, enterprise collaboration systems, dan process control systems. Sistem ERP ini dapat membantu melancarkan kegiatan perusahaan. Tim penulis merekomendasikan beberapa kriteria sistem ERP. Customizable dan Expandable, ini dapat mempermudah pengguna Go-Jek untuk dapat mencari dokter tanpa harus keluar rumah karena penyebaran virus sangatlah cepat dan berbahaya. Reduce Cost, perusahaan harus bisa menerapkan sistem yang tidak mengeluarkan biaya yang besar juga. Dalam menerapkan sistem ERP pada perusahaan Go-Jek, Human Resource menjadi faktor kesuksesan bisnis dalam penerapan sistem tersebut yang dimana Faktor yang dirasakan langsung oleh perusahaan Go-Jek adalah perusahaan menjadi lebih gampang dalam memilih dan mengatur karyawan yang dimana manajemen menjadi lebih menghemat waktu.
References
Agustin, A., & Khuzaini, K. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Go-Jek) Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 6(9).
Bijaksani, D. W. I. A. (2020). Tinjauan Hukum Terhadap Ganti Kerugian Kepada Driver Go-Food Mengenai Pembatalan Orderan Sepihak Oleh Konsumen Di Wilayah Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Chaer, M. T., Septiawan, Y., Hadi, S., Arlotas, R. K., Rahmayanti, N., Lubis, M. A., Keban, Y. B., Dewi, N. P. C. P., Purandina, I. P. Y., & Fathoni, A. (2020). Membangun Pendidikan Indonesia Berkelas Dunia. Goresan Pena.
Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku Konsumen Di Era Digital: Beserta Studi Kasus. Universitas Brawijaya Press.
Fuaddah, Z., Agus, S., & Sos, S. (2020). Pola Komunikasi Koperasi Sopir Transportasi Solo (Kosti Solo) Dengan Customer Dalam Meningkatkan Citra. Iain Surakarta.
Huda, R. (2019). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Transportasi Online Berbasis Aplikasi Yang Beroperasi Di Kabupaten Kudus (Studi Kasus: Go-Jek Di Kabupaten Kudus). Iain Kudus.
Laili, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia.
Miqdad, D. M., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Pelanggan Go-Ride Di Kota Madya Malang). Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 7(3), 77–86.
Muhsinun, M. (2020). Pandangan Politik Driver Gojek Online Terhadap Tagar 2019 Ganti Presiden (Studi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Uin Raden Intan Lampung.
Pratama, G. Y., & Suradi, A. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Pengguna Jasa Transportasi Online Dari Tindakan Penyalahgunaan Pihak Penyedia Jasa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Diponegoro Law Journal, 5(3), 1–19.
Pujohardiyanto, A., & Rofiah, S. (2019). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat Dengan Codeigniter Dan Bootstrap. Bina Insani Ict Journal, 6(1), 103–112.
Raco, J. R. (2010). Metode-Penelitian-Kualitatif. Doi 10.31219/osf.io/mfzuj
Rini, T. (2020). Pengaruh Kewajaran Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Jek Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Romindo, R., Muttaqin, M., Saputra, D. H., Purba, D. W., Iswahyudi, M., Banjarnahor, A. R., Kusuma, A. H. P., Effendy, F., Sulaiman, O. K., & Simarmata, J. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Romindo, R., Niar, H., Sipayung, R., Julyanthry, J., Yendrianof, D., Pelu, M. F. A. R., Febrianty, F., Jamaludin, J., Ardiana, D. P. Y., & Simarmata, J. (2020). Sistem Informasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.
Virgiawansyah, E., Utomo, B. B., & Rosyid, R. (2019). Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(06).
Wibisono, S. (2005). Enterprise Resource Planning (Erp) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi. Dinamik, 10(3). DOI: https://doi.org/10.35315/dinamik.v10i3.24
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Della Fairly, Desy Desy, Joycelin Joycelin, Wilfi Caroline
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.