Upaya Dinas Sosial Kota Batu Dalam Pemberdayaan Wanita Rawan Sosial Ekonomi Di Kecamatan Junrejo Kota Batu

Authors

  • Yoke Pradila Agatha Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Yaqub Cikusin Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Hayat Hayat Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.503

Keywords:

Upaya Dinas Sosial, Pemberdayaan, Wanita Rawan Sosial Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui upaya Dinas Sosial Kota Batu dalam menurunkan masalah kesejahteraan wanita rawan sosial ekonomi (2) Mengetahui dampak dari upaya Dinas Sosial Kota Batu dalam menurunkan masalah kesejahteraan wanita rawan sosial ekonomi.

Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi di lapangan, pengumpulan data yang akan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan (belum), Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya dinas sosial Kota Batu dalam pemberdayaan wanita rawan sosial ekonomi, program yang dilakukan pemberian pelatihan keterampilan menjahit, memasak, dan membatik. Upaya pemberdayaan wanita dalam mengembangkan potensi sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Faktor penghambat dalam kegiatan program keterampilan menjadi terbagi dalam dua komponen, ada yang berasal dari dalam (internal) dari luar (eksternal).

References

Buvinić, M., & Gupta, G. R. (1997). Female-headed households and female-maintained families: are they worth targeting to reduce poverty in developing countries? Economic Development and Cultural Change, 45(2), 259–280.

Fajarwati, A., Sari, E. L. P., & Soewarno, N. G. P. (2017). Strategi untuk Mengatasi Permasalahan Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE). Majalah Geografi Indonesia, 31(1), 22.

Fitriyani, M. W. W., & Rasaili, W. (2016). Keberhasilan Pembangunan Kualitas Hidup Masyarakat Di Desa Karanganyar Kecamatan Kalianget. Public Corner, 11(2).

Inanna, I., & RAHMATULLAH, R. (2018). Wajah Perekonomian Indonesia (Vol. 1, Issue 1). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Kaninda, E. M. (2016). Fungsi Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Wanita Rawan Sosial Ekonomi Di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung Tahun 2013-2015 (STUDI PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN BANDUNG).

Kawulur, S., Koleangan, R. A. M., & Wauran, P. C. (2019). Analisa Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Desa Dalam Menurunkan Tingkat Kemiskinan Di 11 Kabupaten Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(03).

Kurniawati, E. (2017). Kemiskinan Nelayan di Desa Busung Panjang Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Nursyaidah, N. (2019). Bentuk Pemberdayaan Wanita Karier Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 227–241.

Purba, B., Rahmadana, M. F., Basmar, E., Sari, D. P., Klara, A., Damanik, D., Faried, A. I., Lie, D., Fazira, N., & Rozaini, N. (2021). Ekonomi Pembangunan. Yayasan Kita Menulis.

Qasim, M. (2020). Membangun Moderasi Beragama Umat Melalui Integrasi Keilmuan.

Rinawati, R. (2004). Partisipasi wanita dalam pembangunan. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 20(3), 387–405.

Taufiqurrahman, F., Sumarti, T., & Falatehan, S. F. (2018). Hubungan Tingkat Partisipasi Laki-Laki dengan Tingkat Keberdayaan Ekonomi Perempuan. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(1), 29–42.

Zaman, N., Syafrizal, S., Chaerul, M., Purba, S., Bachtiar, E., Simarmata, H. M. P., Basmar, E., Sudarmanto, E., Koesriwulandari, K., & Hastuti, P. (2021). Sumber Daya dan Kesejahteraan Masyarakat. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Pradila Agatha, Y., Cikusin, Y. ., & Hayat, H. (2022). Upaya Dinas Sosial Kota Batu Dalam Pemberdayaan Wanita Rawan Sosial Ekonomi Di Kecamatan Junrejo Kota Batu. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 69–77. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.503