Strategi Mengelola Hubungan Pelanggan Pada Kajian Business To Business PT Wakabe Indonesia

Authors

  • Faradilla Indah Wahyu Putri Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Moh. Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.501

Keywords:

Business to business (B2B), Pemasaran, Loyalitas pelanggan

Abstract

Hubungan antara organisasi dan pelanggannya merupakan isu penting ketika membangun hubungan jangka panjang. Hal ini berlaku tidak hanya dalam hubungan Business to customer (B2C), tetapi juga dalam hubungan Business to business (B2B). Untuk menjaga hubungan jangka panjang, organisasi harus menciptakan loyalitas pelanggan dalam bisnis. Pentingnya dan manfaat menarik dan mempertahankan pelanggan setia telah muncul karena ada penerimaan umum bahwa loyalitas pelanggan diikuti oleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan memberikan peningkatan mengenai pengelolaan dan pemeliharaan hubungan pelanggan-pemasok dalam pemasaran B2B. Selain itu, hasil dari penelitian ini adalah memberikan beberapa saran untuk menciptakan loyalitas pelanggan pada aplikasi pemasaran B2B. Analisis kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena merupakan metode yang cocok untuk tujuan penelitian. Untuk melakukan penelitian ini digunakan subjek perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang (PT. Wakabe Indonesia). Beberapa indikator untuk mengevaluasi praktik pemasaran B2B adalah: tujuan pertukaran, karakteristik komunikasi, sasaran manajerial, fokus manajerial, investasi manajerial, dan jenjang manajerial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran B2B dilakukan dengan baik dan perusahaan harus merespon kebutuhan pelanggan untuk mempertahankan pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan

References

agustini, F., Amanah, D., & Harahap, D. A. (2020). Consumer Decision To Buy Vegetables At Traditional Markets In Medan, Indonesia. American International Journal Of Business Management (Aijbm), 3(6), 109–123.

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Comparing Prices And Service Quality On Lazada And Tokopedia In Indonesia. International Journal Of Latest Engineering And Management Research, 3(9), 19–24.

Cooper, D. R., Schindler, P. S., & Sun, J. (2006). Business Research Methods (Vol. 9). Mcgraw-Hill New York.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 5.

Daulay, R., & Manaf, A. A. (2017). Strategi & Workshop Kewirausahaan. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Doma, S. (2013). Relationship Quality As Predictor Of B2b Customer Loyalty. Systemıcs, Cybernetıcs And Informatıcs, 11(1), 72–78.

Fadhilah, A. N. (2020). The Influence Of International Crude Oil Price, Fuel Consumption And Production On Fuel Import (A Case Study At Pt Pertamina (Persero)). Admisi Dan Bisnis, 21(1), 13–18. http://dx.doi.org/10.32497/ab.v21i1.1799

Hayani, N. (2012). Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekanbaru: Suska Press.

Jayadi, H. (N.D.). Daftar Pustaka. Assauri, Sofjan Manajemen Pemasaran. Jakarta: Cv. Rajawali.

Lostakova, H., & Pecinova, Z. (2014). The Role Of Partnership And Flexibility In Strengthening Customer Relationships In The B2b Market. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 150, 563–575. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.076

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran; Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global.

Maliha, A. (2018). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Bahan Baku Terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kue Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Home Industri Mitra Cake Legundi Sukarame Bandar Lampung). Uin Raden Intan Lampung.

Puspawati, D. P. H., & Ristanto, R. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20.

Rangkuti, D. P. (2014). Pengaruh Nisbah Bagi Hasil Deposito Terhadap Jumlah Deposan Di Pt. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Iain Padangsidimpuan.

Solihin, A. W. (2012). Analisis Kebijakan: Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Public. Bumi Aksara: Jakarta.

Sugianto, H. (N.D.). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Surianto, M., Setiawan, M., Sumiati, S., & Sudjatno, S. (2020). Cause-Related Marketing Campaigns And Repurchase Intentions: The Mediating Role Of Brand Awareness, Consumer Attitude And Corporate Image. Management Science Letters, 10(14), 3235–3242.

Umar, S. H. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran B2b (Business To Business) Dan B2c (Business To Customer) Terhadap Cara Pembelian Tiket Pesawat Di Lingkungan Mahasiswa. Jurnal Flight Attendant, 3(2), 27–38.

Zimmerman, A., & Blythe, J. (2017). Business To Business Marketing Management: A Global Perspective. Routledge.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Indah Wahyu Putri, F., & Surianto, M. A. . (2022). Strategi Mengelola Hubungan Pelanggan Pada Kajian Business To Business PT Wakabe Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 44–56. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.501