Strategi Mengelola Hubungan Pelanggan Pada Kajian Business To Business PT Wakabe Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.501Keywords:
Business to business (B2B), Pemasaran, Loyalitas pelangganAbstract
Hubungan antara organisasi dan pelanggannya merupakan isu penting ketika membangun hubungan jangka panjang. Hal ini berlaku tidak hanya dalam hubungan Business to customer (B2C), tetapi juga dalam hubungan Business to business (B2B). Untuk menjaga hubungan jangka panjang, organisasi harus menciptakan loyalitas pelanggan dalam bisnis. Pentingnya dan manfaat menarik dan mempertahankan pelanggan setia telah muncul karena ada penerimaan umum bahwa loyalitas pelanggan diikuti oleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan memberikan peningkatan mengenai pengelolaan dan pemeliharaan hubungan pelanggan-pemasok dalam pemasaran B2B. Selain itu, hasil dari penelitian ini adalah memberikan beberapa saran untuk menciptakan loyalitas pelanggan pada aplikasi pemasaran B2B. Analisis kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena merupakan metode yang cocok untuk tujuan penelitian. Untuk melakukan penelitian ini digunakan subjek perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang (PT. Wakabe Indonesia). Beberapa indikator untuk mengevaluasi praktik pemasaran B2B adalah: tujuan pertukaran, karakteristik komunikasi, sasaran manajerial, fokus manajerial, investasi manajerial, dan jenjang manajerial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran B2B dilakukan dengan baik dan perusahaan harus merespon kebutuhan pelanggan untuk mempertahankan pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan
References
agustini, F., Amanah, D., & Harahap, D. A. (2020). Consumer Decision To Buy Vegetables At Traditional Markets In Medan, Indonesia. American International Journal Of Business Management (Aijbm), 3(6), 109–123.
Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Comparing Prices And Service Quality On Lazada And Tokopedia In Indonesia. International Journal Of Latest Engineering And Management Research, 3(9), 19–24.
Cooper, D. R., Schindler, P. S., & Sun, J. (2006). Business Research Methods (Vol. 9). Mcgraw-Hill New York.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 5.
Daulay, R., & Manaf, A. A. (2017). Strategi & Workshop Kewirausahaan. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Doma, S. (2013). Relationship Quality As Predictor Of B2b Customer Loyalty. Systemıcs, Cybernetıcs And Informatıcs, 11(1), 72–78.
Fadhilah, A. N. (2020). The Influence Of International Crude Oil Price, Fuel Consumption And Production On Fuel Import (A Case Study At Pt Pertamina (Persero)). Admisi Dan Bisnis, 21(1), 13–18. http://dx.doi.org/10.32497/ab.v21i1.1799
Hayani, N. (2012). Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekanbaru: Suska Press.
Jayadi, H. (N.D.). Daftar Pustaka. Assauri, Sofjan Manajemen Pemasaran. Jakarta: Cv. Rajawali.
Lostakova, H., & Pecinova, Z. (2014). The Role Of Partnership And Flexibility In Strengthening Customer Relationships In The B2b Market. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 150, 563–575. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.076
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran; Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global.
Maliha, A. (2018). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Bahan Baku Terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kue Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Home Industri Mitra Cake Legundi Sukarame Bandar Lampung). Uin Raden Intan Lampung.
Puspawati, D. P. H., & Ristanto, R. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20.
Rangkuti, D. P. (2014). Pengaruh Nisbah Bagi Hasil Deposito Terhadap Jumlah Deposan Di Pt. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Iain Padangsidimpuan.
Solihin, A. W. (2012). Analisis Kebijakan: Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Public. Bumi Aksara: Jakarta.
Sugianto, H. (N.D.). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Surianto, M., Setiawan, M., Sumiati, S., & Sudjatno, S. (2020). Cause-Related Marketing Campaigns And Repurchase Intentions: The Mediating Role Of Brand Awareness, Consumer Attitude And Corporate Image. Management Science Letters, 10(14), 3235–3242.
Umar, S. H. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran B2b (Business To Business) Dan B2c (Business To Customer) Terhadap Cara Pembelian Tiket Pesawat Di Lingkungan Mahasiswa. Jurnal Flight Attendant, 3(2), 27–38.
Zimmerman, A., & Blythe, J. (2017). Business To Business Marketing Management: A Global Perspective. Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Faradilla Indah Wahyu Putri, Moh. Agung Surianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.