Campur Kode dalam Penelitian Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta

Authors

  • Mira Erlinawati Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi
  • Margaretha Evi Yuliana Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i04.49

Keywords:

Campurkode, Penelitian, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui penggunaan campur kode dalam Penelitian mahasiswa program studi Sistem Informasi Universitas Duta Bangsa Surakarta. Penelitian ini dikategorikan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan melalui teknik simak dan catat. Untuk metode analisis data, digunakan penggolongan campur kode dengan dasar jenis dan kategorinya. Data bersumber dari Penelitian mahasiswa program studi Sistem Informasi Universitas Duta Bangsa Surakarta yang diambil secara acak. Hasil analisis menunjukkan adanya penggunaan campur kode dengan  jenis kata 87 dan frasa 14. Hasil campur kode yang diperoleh adalah campur kode dalam sebanyak 93 dan campur kode keluar sebanyak 8. Penyebab terjadinya campur kode adalah reduplikasi kalimat atau kata asing yang didengar, adanya penggunaan teori dalam pengutipan, dan maksud  dalam menjelaskan sesuatu sehingga mudah dipahami dan dimengerti.

References

Cholik, C. . (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Syntax Literate, 2, No. 6(2017), 21–30.

Laiman, A., Rahayu, N., & Wulandari, C. (2018). Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Percakapan Di Lingkup Perpustakaan Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 45–55.

Mahsun. (2011). Metode penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Muslich, M. dan M. (2013). Bagaimana Menulis Penelitian? Jakarta: Bumi Aksara. Mustikawati, D. A. (2015). Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (

Analisis Pembelajaran berbasis Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi

Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, No.2(juli 2015), 23–32.

Raharjo, W. (2018). Pedoman Penelitian.

Rahayu, A. P. (2015). Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Paradigma, 2, No.1, 1–15.

Rahyono, F. (2010). Kiat Menyusun Penelitian dan Strategi Belajar di Perguruan Tinggi.

Yogyakarta: Penaku.

Rizkiansyah, R. . & R. R. (2017). Perilaku Berbahasa Pengembang Perumahan, Pengelola Hotel, dan Pengelola Toko. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6, No.1, 25–33.

Setyawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika, 2, No. 1.

Suandi, I. N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulfiani, dan T. P. (2018). Alih Kode dan Campur Kode pada Santriwati Ponpes Alquran Nurmedina di Pondok Cabe Tangerang Selatan. Jurnal Sasindo Unpam, 6, Nomor 1(Juni).

Susmita, N. (2015). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Kerinci. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 17, Nomor(Juli-Desember).

Ulfiani, S. (2014). Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Masyarakat Bumiayu.

Retrieved from www.unaki.ac.id/ejournal/index.php

Downloads

Published

2020-11-21

How to Cite

Mira Erlinawati, & Margaretha Evi Yuliana. (2020). Campur Kode dalam Penelitian Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(04), 315–322. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i04.49