Pengaruh Label Halal dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang (Survei Online Pada Pengikut Instagram @Safiindonesia)

Authors

  • Nida Rohadatul Anisa Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i12.453

Keywords:

label halal , inovasi produk , minat beli ulang

Abstract

Bisnis produk perawatan kulit di Indonesia saat ini berkembang pesat. Skincare menjadi kebutuhan primer perempuan di Indonesia saat ini karena dengan produk perawatan kulit, kulit perempuan dapat terjaga kesehatannya. Data pada World Population Review, muslim di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 229 juta jiwa atau 87,2% dari jumlah total penduduk Indonesia. Hal ini membuat indikator halal menjadi pertimbangan dalam keputusan untuk membeli produk, apalagi digunakan untuk perawatan kulit. Tren produk halal ini semakin marak di Indonesia, konsumen semakin kritis dalam pemilihan produk yang sudah terjamin halalnya. Penggunaan Label Halal dalam produk perawatan kulit di Indonesia merupakan sebuah Inovasi Produk yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Label Halal (X1) dan Inovasi Produk (X2) terhadap Minat Beli Ulang (Y) secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. populasi penelitian ini adalah 290 ribu followers Instagram @Safiindonesia. Jumlah sampel adalah 100 pengguna produk Safi Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah Quota Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda. Hasil hitung uji F menunjukkan variabel Label Halal (X1) dan Inovasi Produk (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel minat beli ulang (Y). hasil hitung uji-t menunjukkan Label Halal (X1) dan Inovasi Produk (X2)) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (Y) pada followers Instagram @Safiindonesia. Safi memiliki pengaruh Label Halal terhadap konsumen karena memiliki jaminan kepada konsumen mengenai kualitas produknya. Tanpa adanya inovasi produk, produk tersebut akan dilupakan oleh konsumen karena akan banyak produk-produk baru yang muncul setiap tahunnya.

 

References

Anggraini, M. (2016). Pengaruh Persepsi Label Halal, Citra Merek (Brand Image) dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Ulang Produk. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Choriroh, A. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, Dan Norma Subjektif Terhadap Keputusanpembelian Produk Berlabel Halal Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. IAIN SALATIGA.

Herlyanah, N. (n.d.). Analisis Pengaruh Periklanan, Kualitas Produk Dan Acuan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia,(Studi Kasus: Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management (New Jersey (ed.); 16th ed.).

Madevi, F., Yulianto, E., & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli (Survei Online Pada Pengikut Akun Instagram@ safiindonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 77(1), 20–29.

Mahardhika, N. (2016). Pengaruh Inovasi dan Harga Terhedap Minat Beli Ulang Merchandise (Studi Kasus Pada Fans Idol Group JKT48 Di Yogyakarta). Skripsi Fakultas Manajemen.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2577

Maya, W. D. C., Du Plessis, S. S., & Velilla, P. A. (2020). SARS-CoV-2 and the testis: similarity with other viruses and routes of infection. Reproductive Biomedicine Online, 40(6), 763–764.https://doi.org/10.1016/j.rbmo.2020.04.009

Putra, M. D., Putri, D., & Amelia, F. (2019). Prinsip Konsumsi 4K+ 1M dalam Perspektif Islam. Asy Syar’iyyah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Perbankan Islam, 4(1), 23–45. https://doi.org/10.32923/asy.v4i1.880

Shweta, S., & Aditi, S. (2017). Production of lipase by Pseudomonas aeruginosa JCM5962 (T) under semi-solid state fermentation: potential use of Azadirachta indica (neem) oil cake. Biosciences, Biotechnology Research Asia, 14(2), 767–773. 10.13005/bbra/2506

Siti Achiria, S. E. (2018). Implementasi Marketing Mix pada Manajemen Pemasaran Supermarket Pamella Satu dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Suryani, D. D. (2018). Pengaruh Pelayanan Customer Service Representative Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Kalibata Jakarta.

Syarief, F. (2018). PROSIDING_SNRT 2018: 2. Pengaruh Minat Mandiri Terhadap Motivasi Berprestasi dalam Berwirausaha Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta dan Sekitarnya.

Thousani, H. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 86–92. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.218

Wulandari, G. T. (n.d.). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Muslim Melalui Sertifikasi Halal Pada Produk Obat-Obatan.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Rohadatul Anisa, N. (2021). Pengaruh Label Halal dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang (Survei Online Pada Pengikut Instagram @Safiindonesia). Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2138–2146. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i12.453