Analisis Atribut yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Memilih Produk UD Sumber Urip

Authors

  • Cindy Marceline Gunawan Universitas Ciputra, Indonesia
  • Tina Melinda Universitas Ciputra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i10.432

Keywords:

Rice;, consumer preferences;, conjoint analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap kombinasi atribut produk beras yang meliputi jenis beras, warna beras, dan ukuran kemasan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan atribut apa yang paling penting bagi konsumen dalam memilih produk beras. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 213 responden yang pernah melakukan pembelian beras di Hokky Darmo Permai Surabaya. Penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin, yaitu sebanyak 139 responden. Penelitian ini menggunakan analisis conjoint dengan tiga atribut beras, diantaranya adalah jenis beras, warna beras, dan ukuran kemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang menjadi preferensi konsumen adalah jenis beras Setra Ramos, warna beras putih bening, dan ukuran kemasan 5kg.

Downloads

Published

2021-10-21

How to Cite

Marceline Gunawan, C., & Melinda, T. . (2021). Analisis Atribut yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Memilih Produk UD Sumber Urip. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(10), 1655–1662. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i10.432