Analisis Pengaruh Potensi Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Study Kasus Pasar Paya Ilang)

Authors

  • Husni Pasarela IAIN Takengon, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/jiss.v2i7.371

Keywords:

pasar tradisional; ekonomi masyarakat; perspektif ekonomi islam.

Abstract

Pasar Paya Ilang merupakan sentra usaha masyarakat, terutama di wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Keberadaan pasar paya ilang sebagai tempat usaha masyarakat mempunyai potensi yang sangat besar karena kabupaten Aceh Tengah merupakan penyangga ekonomi di masyarakat Gayo. Penelitian ini bertujuan terciptanya lapangan pekerjaan dan mengurangi intensitas pengangguran yang berada di Kecamatan tersebut terutama di kawasan Pasar Paya Ilang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologi, karena ingin melihat gambaran fakta yang sebernarnya dari obyek penelitian, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara pada para pedagang yang dijadikan sebagai sampel penelitian, analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif, yakni dengan mengklasifikasikan data kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perspektif ekonomi Islam pasar paya ilang merupakan pasar tradisional ala Rasululloh, yang menempatkan harga pada kepentingan pasar, tanpa adanya intervensi. 

Published

2021-07-21

How to Cite

Husni Pasarela. (2021). Analisis Pengaruh Potensi Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Study Kasus Pasar Paya Ilang). Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(7), 1106 - 1114. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i7.371