Kemitraan Uni Eropa – Jepang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (Analisis Kerjasama di Sektor Kesehatan, Ekonomi Dan Sosial)

Authors

  • Al Farabi Firdaus Universitas Indonesia
  • Akhyar Yusuf Lubis Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/jiss.v2i7.362

Keywords:

uni eropa; jepang; pandemi; COVID-19; kemitraan; kerjasama.

Abstract

Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak yang sangat parah di berbagai bidang di dunia internasional. Uni Eropa dan Jepang membentuk kemitraan dan bekerjasama dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan menanggulangi dampak negatif yang ditimbulkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemitraan dan kerjasama dalam penanganan COVID-19 dan dampak positif yang dihasilkannya dalam hubungan diplomasi, kemitraan dan kerjasama bilateral di antara Uni Eropa dan Jepang. Metode yang dipilih untuk penelitian berikut ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan antardisiplin. Hasil temuan dari peneltian ini adalah bahwa Uni Eropa dan Jepang bekerjasama di sektor kesehatan, ekonomi dan sosial dengan tujuan memitigasi dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 di ketiga sektor tersebut. Kesimpulan sementara dari penelitian tersebut adalah kerjasama di antara Uni Eropa dan Jepang di sektor kesehatan, ekonomi dan sosial dapat membantu menanggulangi dampak pandemi COVID-19. Mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung maka diperlukan kajian lebih lanjut mengenai kerjasama Uni Eropa dan Jepang dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Published

2021-07-21

How to Cite

Al Farabi Firdaus, & Akhyar Yusuf Lubis. (2021). Kemitraan Uni Eropa – Jepang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (Analisis Kerjasama di Sektor Kesehatan, Ekonomi Dan Sosial). Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(7), 1049 - 1065. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i7.362