Analisis Peran Media Sosial dalam Pemasaran Sayur di Tingkat Petani Desa Dalisodo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v1i03.35Keywords:
Media sosial, pemasaran, sayuranAbstract
Pertukaran informasi menjadi masalah yang mendapat sorotan dalam kegiatan pemasaran hasil pertanian. Sulitnya petani mengakses informasi ini kemudian memunculkan solusi dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana media sosial berperan dalam pemasaran sayur di tingkat petani. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2020 dengan responden petani di Desa Dalisodo Kecamatan Wagir. Metode penentuan sampel yaitu menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 20 orang petani sayur. Dari hasil analisis jumlah petani yang menggunakan media sosial untuk pemasaran masih sedikit dikarenakan petani memasarkan sayur melalui tengkulak. Peran media sosial bagi petani di Desa Dalisodo masih sebatas mencari informasi harga sayur di pasaran menggunakan facebook dan whatsapp. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media sosial harus terus dioptimalkan karena jumlah penggunanya yang terus meningkat.
References
Andriaty, E., & Pertanian, P. T. (2013). Ketersediaan sumber informasi teknologi pertanian di beberapa kabupaten di Jawa.
Ardianto, D., & Rivandi, M. (2018). Pengaruh Enterprise risk management disclosure, intellectual capital disclosure dan struktur pengelolaan terhadap nilai perusahaan. Profita, 11(2), 284–305.
Harimurti, A. C., Sadeli, A. H., Utami, H. N., & Mukti, G. W. (2017). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA ATRIBUT PRODUK SAYURAN MELALUI PEMASARAN ONLINE DALAM UPAYA MERAIH KEPUASAN KONSUMEN.
Jurnal Agrosains Dan Teknologi, 1(2), 47–63.
Irianto, A. B. P. (2015). pemanfaatan social media untuk meningkatkan market share UKM.
Jurnal Teknomatika, 8(1), 1–12.
Mardika R. (2015). Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada UMKM Kuliner Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor.
Mulyandari, R. S. H. (2011). Perilaku Petani Sayuran dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 20(1), 22–34.
Neti, S. (2011). Social media and its role in marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, 1(2), 1–15.
Nuha, M. U. (2017). Analisis implementasi internet marketing sebagai strategi pemasaran produk (studi kasus pada Miulan Hijab Semarang). UIN Walisongo.
Palmer, A., & Koenig‐Lewis, N. (2009). An experiential, social network‐based approach to direct marketing. Direct Marketing: An International Journal.
Pane, E. S. (2014). Tingkat Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk Industri Kecil dan Menengah. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 1, 14.
Prayoga, K. (2017). Pemanfaatan Sosial Media dalam Penyuluhan Pertanian dan Perikanan di Indonesia. Agriekonomika, 6(1), 32–43.
Qurniawati, R. S. (2018). Theoritical Review: Pemasaran Media Sosial. Among Makarti, 11(21).
Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Ikra-Ith Ekonomika, 1(2), 25–30.
Sugiono, A. (2008). Panduan Praktis Dasar Anlisa Laporan Keuangan. Gramedia Widiasarana.
Tamba, M. (2007). Kebutuhan Informasi Pertanian dan Aksesnya Bagi Petani Sayuran di Jawa Barat. Disertasi Pada Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Anisa Aprilliyanti, Sugeng Riyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.