Arisan Sebagai Model Meningkatkan Poin Keanggotaan Tupperware dalam Perspektif Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v2i05.301Keywords:
Kata Kunci: arisan, laba, piutang, biaya.Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penjualan Tupperware berbasis arisan dalam perspektif akuntansi sebagai upaya pencapaian target poin member Tupperware. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di Kabupaten Pamekasan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendapatan arisan bisa berupa finansial dan non finansial. Pendapatan finansial berupa uang tunai sedangkan pendapatan non finansial berupa poin member. Poin member yang terkumpul dapat ditukar dengan produk serta peningkatan level keanggotaan. Piutang dalam sistem arisan adalah iuran dari setiap anggota arisan. Biaya dalam sistem arisan adalah biaya yang di keluarkan oleh member tupperware ketika hadir dalam arisan seperti transportasi, konsumsi, serta dana talangan uang arisan ketika ada anggota arisan yang telat atau tidak membayar. Keterbaruan ada beberapa penelitian yang memiliki relevansi topik, namun belum ditemukan topik yang menyatakan bahwa arisan dapat meningkatkan poin member keanggotaan. Dari kegiatan tersebut, member dapat menaikkan level karena penjualan melalui arisan. Oleh karenanya, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada bidang ilmu ekonomi, khususnya akuntansi.
References
Baihaki, A., & Malia, E. (2018). Arisan dalam perspektif akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(3), 540–561.
Hamel, G. (2013). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Piutang Pada PT Nusantara Surya Sakti. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).
Hendra, R. R. (2018). Peran Promotion Product Dalam Meningkatkan Jumlah Keanggotaan Baru Tupperware Di Banda Aceh (Analisa Strategi Komunikasi Pemasaran Product Tupperware). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(2).
Johan, E. T. (2014). Penerapan Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Kotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 2(1), 9–16.
Kartajaya, H. (2007). Boosting Loyalty Marketing Performance: Menggunakan Teknik Penjualan Customer Relationship Management, dan Servis untuk Mendongkrak Laba. Mizan Pustaka.
Lubis, K. S., Syahsudarmi, S., & Srimulatsih, M. (2018). The Activeness of Women Follow the Arisan Group: A Case Study of Community Groups Vs Professional. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175(1), 12089. IOP Publishing.
Meirisa, T., & Lestari, R. (2020). Strategi Public Relations PT. Ruma Dalam Mempromosikan Program Arisan Mapan. PANTAREI, 4(02).
Moleong, L. J. (2011). Metodologi pendekatan kualitatif. Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosida Karya.
Mulyadi. (2008). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Novianti, F., Sutarti, S., & Efrianti, D. (2013). Perlakuan Akuntansi Pengakuan Pendapatan dan Beban Pada Job Pertamina Petrochina East Java. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 1(3).
Putri, A. R., & Suryaningsih, S. A. (2018). Analisis Kegiatan Arisan Dalam Perspektif Islam Di Kelurahan Sememi Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 1(1).
Situmeang, R. R. (2018). Dampak Bisnis Online dan Lapangan Pekerjaan terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab di Kota Medan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(03), 319–335.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sulianto, P. (2017). Arisan desa untuk biaya pernikahan perspektif ‘urf: Studi di Desa Purwokerto Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Umam, K., Abidin, Z., & Firmansyah, F. (2019). Analisis Perlakuan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Dalam Perspektif Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(2), 119–126.
Yuwita A.P dan Suhesti N. (2012). Bank Sampah untuk Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 2(No 1.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ach Fawaidul Anam, Aminatus Zakhra, Amaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.