Arisan Sebagai Model Meningkatkan Poin Keanggotaan Tupperware dalam Perspektif Akuntansi

Authors

  • Ach Fawaidul Anam Universitas Islam Madura, Universitas Islam Madura, Universitas Airlangga
  • Aminatus Zakhra Universitas Islam Madura, Universitas Islam Madura, Universitas Airlangga
  • Amaliyah Universitas Islam Madura, Universitas Islam Madura, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v2i05.301

Keywords:

Kata Kunci: arisan, laba, piutang, biaya.

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penjualan Tupperware berbasis arisan dalam perspektif akuntansi sebagai upaya pencapaian target poin member Tupperware. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di Kabupaten Pamekasan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendapatan arisan bisa berupa finansial dan non finansial. Pendapatan finansial berupa uang tunai sedangkan pendapatan non finansial berupa poin member. Poin member yang terkumpul dapat ditukar dengan produk serta peningkatan level keanggotaan. Piutang dalam sistem arisan adalah iuran dari setiap anggota arisan. Biaya dalam sistem arisan adalah biaya yang di keluarkan oleh member tupperware ketika hadir dalam arisan seperti transportasi, konsumsi, serta dana talangan uang arisan ketika ada anggota arisan yang telat atau tidak membayar. Keterbaruan ada beberapa penelitian yang memiliki relevansi topik, namun belum ditemukan topik yang menyatakan bahwa arisan dapat meningkatkan poin member keanggotaan. Dari kegiatan tersebut, member dapat menaikkan level karena penjualan melalui arisan. Oleh karenanya, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada bidang ilmu ekonomi, khususnya akuntansi.

References

Baihaki, A., & Malia, E. (2018). Arisan dalam perspektif akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(3), 540–561.

Hamel, G. (2013). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Piutang Pada PT Nusantara Surya Sakti. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Hendra, R. R. (2018). Peran Promotion Product Dalam Meningkatkan Jumlah Keanggotaan Baru Tupperware Di Banda Aceh (Analisa Strategi Komunikasi Pemasaran Product Tupperware). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(2).

Johan, E. T. (2014). Penerapan Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Kotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 2(1), 9–16.

Kartajaya, H. (2007). Boosting Loyalty Marketing Performance: Menggunakan Teknik Penjualan Customer Relationship Management, dan Servis untuk Mendongkrak Laba. Mizan Pustaka.

Lubis, K. S., Syahsudarmi, S., & Srimulatsih, M. (2018). The Activeness of Women Follow the Arisan Group: A Case Study of Community Groups Vs Professional. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175(1), 12089. IOP Publishing.

Meirisa, T., & Lestari, R. (2020). Strategi Public Relations PT. Ruma Dalam Mempromosikan Program Arisan Mapan. PANTAREI, 4(02).

Moleong, L. J. (2011). Metodologi pendekatan kualitatif. Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosida Karya.

Mulyadi. (2008). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Novianti, F., Sutarti, S., & Efrianti, D. (2013). Perlakuan Akuntansi Pengakuan Pendapatan dan Beban Pada Job Pertamina Petrochina East Java. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 1(3).

Putri, A. R., & Suryaningsih, S. A. (2018). Analisis Kegiatan Arisan Dalam Perspektif Islam Di Kelurahan Sememi Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 1(1).

Situmeang, R. R. (2018). Dampak Bisnis Online dan Lapangan Pekerjaan terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab di Kota Medan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(03), 319–335.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulianto, P. (2017). Arisan desa untuk biaya pernikahan perspektif ‘urf: Studi di Desa Purwokerto Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Umam, K., Abidin, Z., & Firmansyah, F. (2019). Analisis Perlakuan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Dalam Perspektif Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(2), 119–126.

Yuwita A.P dan Suhesti N. (2012). Bank Sampah untuk Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 2(No 1.).

Downloads

Published

2021-05-21

How to Cite

Ach Fawaidul Anam, Aminatus Zakhra, & Amaliyah. (2021). Arisan Sebagai Model Meningkatkan Poin Keanggotaan Tupperware dalam Perspektif Akuntansi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(05), 712–723. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i05.301