Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Oleh Rasaki Hydrofarm

Authors

  • Giezka Rien Febritania Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Sugeng Riyadi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i03.25

Keywords:

Bisnis online, Hidroponik, Instagram, Komunikasi pemasaran

Abstract

Rasaki Hydrofarm merupakan usaha dibidang pertanian yang memasarkan produknya melalui Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dan mengetahui bagaimana peran Instagram sebagai media komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Rasaki Hydrofarm. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rasaki Hydrofarm merencanakan strategi melalui 4 komponen bauran pemasaran yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi). Penggunaan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rasaki Hydrofarm dinilai cukup efektif.

References

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media. Firmansyah,

M. A., & SE, M. M. (2020). Komunikasi Pemasaran. Penerbit Qiara Media.

Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2).

Jatmiko, W., et. a. (2015). Panduan Penulisan Artikel Ilmiah. Depok. Universitas Indonesia.

Kountur, R. (2018). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. PPM.

Mildawati, T. (2000). Teknologi Informasi dan Perkembangannya di Indonesia. Ekuitas, 4(2), 101-110.

Muttaqin, Z. (2012). Facebook marketing dalam komunikasi pemasaran modern. TEKNOLOGI: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 1(2).

Oetomo, B. S. D., & Santoso, S. (2015). Pengaruh web dalam komunikasi pemasaran untuk meningkatkan perhatian dan ketertarikan konsumen Online. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi Dan Sains, 8(2).

Selang, C. A. D. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174–185.

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Rien Febritania, G., & Riyadi, S. . (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Oleh Rasaki Hydrofarm. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(03), 188–196. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i03.25