Pengaruh Tingkat Pelayanan Petugas Terminal Inspection Service New Normal Terhadap Kepuasan Penumpang Terminal Keberangkatan Bandara Sentani
DOI:
https://doi.org/10.59141/jiss.v3i02.205Keywords:
Tingkat Pelayanan, Terminal Inspection Service, Kepuasan PenumpangAbstract
Salah satu unit pelayanan yang ada di Bandar Udara Sentani yaitu unit Terminal Inspection Service. Unit ini bertanggung jawab untuk memeriksa kabin yang disediakan oleh area Rib Dar, RPA dan pengelola bandara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan petugas Terminal Inspection Service pada saat New Normal berpengaruh terhadap kepuasan penumpang serta mengidentifikasi pengaruh Tingkat Pelayanan petugas Terminal Inspection Service pada saat New Normal. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif, Objek penelitian ini adalah penumpang di Bandara Udara Sentani yang pernah merasakan fasilitas terminal keberangkatan, dan sampel penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini memiliki satu variabel yang terdiri dari variabel bebas tingkat pelayanan (X) dan variabel terikatnya adalah kepuasan penumpang (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa H0 tidak diterima serta Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh siginifikan antara tingkat pelayanan petugas Terminal Inspection Service pada saat New Normal terhadap kepuasan penumpang di terminal keberangkatan Bandar Udara Sentani dengan hasil Uji t ditemukan 0,000 yang berarti nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil Uji R2 ditemukan bahwa tingkat pelayanan mempengaruhi kepuasan penumpang yaitu sebesar 0,632. Kesimpulannya tingkat pelayanan petugas Terminal Inspection Service mempengaruhi kepuasan penumpang sebesar 63,2% , dalam kategori korelasi kuat dan yang dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 36,8%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kifni Yudianto, Nely Ulfiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.