Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Komunitas (Studi Kasus Konveksi Jack Tailor Di Desa Ciperna)

Authors

  • Imam Mutakin Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC)
  • Taufik Ridwan Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC)
  • Agus Rohmat Hidayat Institute Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i01.10

Keywords:

Strategi penembangan usaha, komunitaas, konveksi

Abstract

Pemberlakuan otonomi daerah yang bersamaan dengan terjadinya krisis ekonomi nasional dan global telah menambah kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dengan program otonomi daerah, pendekatan pembangunan ekonomi lokal (local economic development) selayaknya diarahkan pada peningkatan dan pemanfaatan unsur- unsur lokal (indigenous) yang mencakup sumberdaya alam, sumberdaya manusia, sosio kultural, dan lokasi strategis pembangunan daerah. Dengan pendekatan ini diharapkan daerah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya secara mandiri didasarkan pada keuntungan kompetitif dan keuntungan komparatif. Dalam pelaksanaannya kegiatan usaha konveksi terebut berupa pembuatan tas, kaos, jaket, topi seragam dan masih banyak lainnya. Di samping itu juga, kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat sekitar. Kemudian lama-kelamaan masyarakat sekitar juga banyak yang tertarik untuk ikut andil dalam usaha konveksi tersebut. Dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga masyarakat yang ada di desa Ciperna secara utuh dan menyeluruh yang bertumpu pada sumber daya manusia dan sumber daya alam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan triangulasi data.

References

Ambar Widyaningrum. 2004. Modal Intelektual. Departemen Akuntansi FEUI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.

Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.

Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Sadono, DKK. 2000. Pengembangan Usaha Kecil : Pemilihan Setengah Hati, Bandung. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis,(Bandung, 2008) cet. II,h, 400

Ussi. 2018. Problematika apa saja yang dihadapi UMKM di Indonesia

Downloads

Published

2020-08-28

How to Cite

Mutakin, I. ., Ridwan, T. ., & Rohmat Hidayat, A. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Komunitas (Studi Kasus Konveksi Jack Tailor Di Desa Ciperna). Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(01), 50–59. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i01.10