Pembinaan Anak Pidana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku

Authors

  • Ricky Utomo Simargolang Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i04.50

Keywords:

Anak,Lembaga Pemasyarakatan, Pembinaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam melakukan pembinaan terhadap anak melalui metode penelitian hukum empiris. Metode Penelitian ini merupakan penelitian hukum dengan menggunakan pendekatan empiris. “Pendekatan empiris adalah pendekatan yang dilakukan dengan melakukan penelitian secara langsung untuk mengumpulkan semua informasi yang berhubungan dengan penelitian ini, baik dengan wawancara dengan pihak terkait, maupun dengan pengamatan secara seksama terhadap subjek penelitian. hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpuan bahwa Lembaga Pemasyarakatan sebagai salah satu aparatur penegak hukum yang berfokus pada bagian akhir dari sistem peradilan pidana memiliki peran sebagai pelaksana pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan yang mana dengan tujuan agar warga binaan meyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana.

References

Muhammad, A. (2004). Hukum Dan Penelitian Hukum (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2004). Abdulkadir Muhammad.

Undang-undang. (1995). Undang-Undang nomor 12 tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan. www.bphn.go.id

Anak Agung Sri Sanjiwani, Afif Kurniawan, I. P. W. B. (2020). Pelatihan strategi koping pada narapidana remaja di lembaga pemasyarakatan. Jurnal psikologi ilmiah, 12(1), 8292. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.22275

Anggara, B. (2017). Pemenuhan Hak-Hak Pendidikan Keagamaan Islam Anak Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Pakjo Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 162. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1389

Bambang Sukoco. (2016). Pendekatan Restoratif Justice Sebagai Upaya Penyelesaian Cybercrime Dengan Pelaku Anak (Studi Kasus)

Penyelesaian Tindak Pidana Anak Usia Sekolah). Jurnal Law and Justice, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.23917/laj.v1i1.2859

Biafri, V. S. (2019). Pembinaan Teroris Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Di Tangerang. Sosio Konsepsia, 8(02), 14–26. https://doi.org/10.33007/ska.v8i2.1450

Chusniatun. (2018). Sistem Perlindungan Hukum Bagi Anak di Lembaga Pemasyarakatan Dalam Perspektif Konvensi Internasional Hak-Hak Anak. 30(01), 103–132.

Undang-Undang nomor 12 tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan, (1995). www.bphn.go.id

Irawan, R. (2018). Konsep Diri Warga Lembaga Pemasyarakatan. SCHOULID: Indonesian

Journal of School Counseling, 3(2), 41–45. https://doi.org/10.23916/08423011

Ismawati, S. (2013). Upaya Perlindungan Hak Asasi Manusia Dalam Pembinaan Narapidana Anak (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Klas Ii B Anak Pontianak). Masalah-Masalah Hukum, 42(3), 405–415. https://doi.org/10.14710/mmh.42.3.2013.405-415

Kahesti, Y. Z. (2018). Pemenuhan Hak Anak di Bidang Pendidikan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Balikpapan. Jurnal Magister Hukum Udayana(Udayana Master Law Journal), 7(3), 343–359. https://doi.org/10.24843/JMHU.2018.v07.i03.p06

Makhmudah, S. (2018). Penguatan peran keluarga dalam pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(2), 269–286. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286

Marsaid. (2015). Perlindungan hukum anak pidana dalam perspektif.

Maqasid asy-syari’ah (Studi Kasus Penanganan Anak Pidana di Lembaga PemasyarakatanJambi). Nurani,15(2),1–26. https://doi.org/10.19109/nurani.v15i2.280

Prabowo, B. B. (2015). Pemenuhan Hak Menyampaikan Keluhan Bagi Anak Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Arena Hukum, 8(2), 280–299. https://doi.org/10.21776/ub.arenahukum.2015.00802.8

Siddiq, S. A. (2015). Pemenuhan Hak Narapidana Anak dalam Mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan. Pandecta: Research Law Journal, 10(1). https://doi.org/10.15294/pandecta.v10i1.4195

Utami, P. N. (2018). Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Hak Atas Rasa Aman di Nusa Tenggara Barat. Jurnal HAM, 9(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30641/ham.2018.9.1-17

Downloads

Published

2020-11-21

How to Cite

Ricky Utomo Simargolang. (2020). Pembinaan Anak Pidana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(04), 265–271. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i04.50