Implementasi Kelompok Informasi Masyarakat Sebagai Pendukung Terwujudnya E-Government di Desa Lamatti Riaja

Authors

  • Sandi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sinjai
  • Amiruddin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sinjai
  • Jusniaty Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sinjai

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i03.37

Keywords:

Kelompok Informasi Masyarakat, TIK, E-Government.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kelompok Informasi Masyarakat sebagai pendukung terwujudnya E-Government di Desa Lamatti Riaja, menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dalam  hasil penelitian pengimplementasian Kelompok Informasi Masyarakat masih kurang dan belum terlaksana semaksimal mungkin, ini di lihat  dalam pelayanan Kelompok Informasi Masyarakat pada Desa Lamatti Riaja masih melakukan sistem manual, melakukan sistem undangan print out dan sistem tempel, serta melakukan kunjungan langsung dalam pelayanan penyampaian informasi, yang mengakibatkan penyebaran informasi tidak sekali dan tidak menyeluruh, karena belum adanya sosial media khusus bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Lamatti Riaja dalam penyebaran informasi.

References

Amiruddin, Amiruddin, M. A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung E-Government Di Desa Tongke- Tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Al Qisthi: Jurnal

Sosial Dan Politik, 23–31.

Barker, W. C., Johnson, G. C., Hunt, L. T., George, D. G., & Tsugita, A. (1986). Similar domains in different proteins: detection and significance. Tanpakushitsu Kakusan Koso. Protein, Nucleic Acid, Enzyme, 29 Suppl, 54.

Hartono, D. U., & Mulyanto, E. (2010). Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi, 6(1), 9–21.

Hoeriah, R. (2019). Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas sultan ageng tirtayasa serang, maret 2018. Issue November.

Presiden. (2003). Indonesia, R., Dan, K., Nasional, S., E-government, P., & Indonesia, P. R.

Instruksi Presiden Republik Indonesia.

Rumata, V. M. (2017). The Public Information Compliance and Dissemination Among Urban and Rural Society. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1).

Setiawan, D. (2020). Evaluasi Purwarupa Sistem Informasi Program Pengembangan Desa Menggunakan System Usablity Scale.

Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 3(1), 539–547.

Sosiawan, E. (2008). A.,“Tantangan Dan Hambatan Dalam Implementasi E-Government Di Indonesia (Challenges and Obstacles in Implementing E-Government in Indonesia).” National Proceeding E-Indonesia, ITB, Bandung, 46–59.

Sudarto, Y. (2006). E-government dan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang baik.

Bandung: KNTIK.

Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141– 161.

Yalia, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pengembangan Dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial (Studi Pada Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) Di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat). Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(1), 123402.

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Sandi, S., Amiruddin, A., & Jusniaty, J. (2020). Implementasi Kelompok Informasi Masyarakat Sebagai Pendukung Terwujudnya E-Government di Desa Lamatti Riaja. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(03), 229–237. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i03.37