Analisis Kebijakan Kampung KB Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kota Cirebon

Authors

  • Siti Khumayah Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Dharliana Hardjowikarto Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Yulistiani Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.59141/jiss.v1i03.34

Keywords:

Tingkat Suku Bunga Deposito, Jumlah Dana Deposito

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui Implementasi Kebijakan kampung KB DPPKB guna penanggulangan kemiskinan di Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Metode Penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menganalisis secara komprehensif dan mendalam tentang kebijakan Kampung KB di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Khususnya di Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Hasil dari Keberhasilan kebijakan program kampung KB      diantaranya komitmen sumber daya manusia dan pendanaan yang komitmen pada tujuan tercapainya keberhasilan kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat. Kelengkapan sarana prasarana pun menunjang keberhasilan program ini dan akan terus ditingkatkan oleh DPPKB dalam pencapaian sumber-sumber kebijakan, karakteristik, badan pelaksana dan kondisi ekonomi, sosial masyarakat serta kondisi politik yang ada. Tingkat sosial ekonomi pun mulai terlihat peningkatan dari jumlah konsumsi penduduk yang berkurang dan lebih dialokasikan kepada konsumsi yang lebih berkualitas seperti makan makanan yang bergizi tercukupi dikarenakan kebutuhan rumah tangga lebih ringan.

References

Agustino, L. (2016). Dasar-dasar kebijakan publik (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Cristianingsih, E. (2020). Implementasi kebijakan administrasi Kependudukan di kabupaten bandung. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 12(2).

Hidayat, N. (2013). Kajian Kebijakan Kependudukan di Indonesia. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 1(2), 24–36.

Juariyah, S. (2010). Analisis kondisi sosial ekonomi dan tingkat pendidikan masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(1).

Nanang, M. (2011). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Utomo, D. (2014). Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin (Studi Pada Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 29–34.

Winarno, B. (2016). Kebijakan Publik Era Globalisasi. Yogyakarta: CAPS.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga

Keputusan Camat Lemahwungkuk Nomor:476/SK.10/Kel.Pgb/2019 tentang Pembentukan Kampung KB Kriyan Barat RW,17 Kelurahan Pegambiran Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Satu Data Pembangunan Jawa Barat Pusdalibang. Jumlah Penduduk Kabupaten/ Kota di Jawa Barat Tahun 2010 – 2015.http://pusdalisbang.jabarprov.go.id/pusdalisbang/data-94- Kependudukan.html. Diakses pada tanggal 24 Mei 2019 Kampung KB.

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Khumayah, S., Hardjowikarto , D. ., & Yulistiani, Y. . (2020). Analisis Kebijakan Kampung KB Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kota Cirebon. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(03), 207–212. https://doi.org/10.59141/jiss.v1i03.34